Dalam upaya memperoleh bantuan peralatan penanggulangan kebencanaan, Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman beserta jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solsel memyambangi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Kamis 27/8/20.

Pada kesempatan itu, Abdul Rahman disambut langsung oleh Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Bambang Surya Putra beserta jajarannya.

Bambang Surya mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik permohonan yang disampaikan untuk nantinya dianalisis terkait kebutuhan-kebutuhan yang diminta.

Ia juga berpesan agar daerah dan pusat tetap bersinergi dan menjalin komunikasi yang terus menerus dalam mengantisipasi dan menanggulangi berbagai persoalan kebencanaan.

Sementara itu, Plt. Bupati Solsel Abdul Rahman mengatakan bahwa dalam pertemuan singkat tersebut, ia menyampaikan beberapa permohonan dari Pemkab Solsel terkait dukungan Peralatan Kebencanaan ke Deputi Peralatan dan Logistik serta Pusdalop BNPB di Jakarta.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan kondisi dan geografis daerah Solok Selatan yang rawan bencana, maka tentu dibutuhkan berbagai peralatan kebencanan dalam menghadapinya.

Hal ini juga yang membuat Pemkab akan terus mengupayakan bagaimana Solsel nantinya mempunyai kesiapan menghadapi segala kemungkinan tersebut.

"Kita tentu saja tidak menginginkan adanya bencana di daerah kita. Namun kita tentu harus terus waspada dan mempersiapkan segala sesuatunya. Bukan hanya kesiapan SDM nya, tapi juga termasuk peralatan pendukung dalam penanggulangan bencana. Apakah itu penanganan longsor, banjir, dan lainnya," ujar Rahman.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Bupati yang didampingi Kalaksa BPBD Solsel Richi Amran dan jajarannya, juga diajak oleh Kapusdalops untuk melihat langsung salah satu alat yang dimiliki BNPB guna memantau setiap kejadian bencana di Indonesia, termasuk pemantauan pandemi covid secara digital

"Alat-alat pemantauan bencana BNPB betul-betul canggih. Alat tersebut bisa mengumpulkan data dan informasi tentang bencana dan dapat melakukan pemantauan dan deteksi dini kejadian bencana secara cepat”, ujar Rahman terkesan.(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top