Limapuluh Kota, SUMATRALINE — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Kapur IX Kodim 0306/50 Kota, Sertu Jarot Yudioko selaku Babinsa Nagari Durian Tinggi melaksanakan pendampingan tanam jagung oleh kelompok tani Boncah Isak, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (16/9).

"Adapun untuk luas lahan yang sedang ditanami jagung oleh Gapoktan Boncah Isak sekitar 3 Ha yang berlangsung di lahan milik pak Naldi jorong Cinta Maju," kata Sertu Jarot.

Dia mengatakan, kegiatan pendampingan pertanian oleh Babinsa di desa binaan adalah merupakan bagian tugas pokok Babinsa dalam melaksanakan tugas pembinaan di wilayah desa binaannya.

“Tujuannya untuk meningkatkan program swasembada pangan Babinsa ikut bergabung dengan kelompok tani dalam pendampingan pertanian. Seperti di wilayah teritorial saya sekarang setelah Kemaren dilakukan panen bersama Gapoktan Boncah Isak dan sekarang kami bersama para petani juga sudah kembali menyiapkan lahan untuk persiapan panen selanjutnya dimasa pandemi saat ini," ujarnya.




Ditempat terpisah, Danramil 07/Kapur IX Mayor Inf. M. Khomsah Rizal terkait kegiatan babinsa, mengatakan sesuai dengan anjuran pemerintah dimasa pandemi Covid-19 agar para petani tetap menjaga produksi pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan.

"Maka Babinsa sebagai aparat teritorial di wilayah menindaklanjuti dengan membantu memberikan dorongan motivasi kepada petani dengan memberikan pendampingan pertanian agar petani tetap produktif untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan pertanian yang ada sehingga produksi pertanian tetap terjaga untuk mendukung kebutuhan pokok masyarakat sebagai langkah antisipasi dimasa pandemi Covid-19," tukasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top