Padang-sumateraline.com- Kakanwil Kemenag Sumbar memberikan  sambutan dan apresiasi pada acara Peresmian Cafe Robotik "Arfa" di Gedung Zainuddin Labay Perguruan Diniyah Putri Padang Panjang, Kamis (18/02).

Hadir secara virtual Direktur Pendidikan Diniyah dan Pontren Dityjen Pendis Kemenag RI Waryono. lainnya Walikota Padang Panjang Fadly Amran, Kankemenag Kota Padang Panjang Drs H Gusman Piliang MA, Sekwan DPRD Padang Panjang,  pimpinan Perguruan Diniyah Putri Fauziah Fauzan El Muhammadi beserta jajaran asatidzah serta ratusan santriwati turut mengikuti secara langsung.

Kakanwil  mengucapkan selamat pada peresmian proyek robot cafe pertama di Indonesia.  

"Inovasi luar biasa lahir di Perguruan Diniyah Putri pertama di Asia. Terutama di tengah-tengah pandemi Covid 19,  maka kami berharap perguruan Diniyah Putri tentunya akan menjadi contoh berlakunya fungsi pendidikan, fungsi  dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat" harapnya. 

Hendri mengatakan sejak zaman pemerintahan belanda di Indonesia, Perguruan Diniyah Putri  Padang Panjang sudah didirikan oleh Rahmah El Yunusiyyah. 

Sebagaimana diketahui, beliau merupakan salah satu tokoh utama pendukung Sumpah Pemuda tahun 1928.

"Berdirinya perguruan Diniyah putri, tepatnya 1 nopember 1923. Saat itu umur beliau masih 23 tahun. Usia yang sangat muda untuk seorang wanita berpikir mendirikan sebuah perguruan" kenang Hendri

Ia mengungkapkan hari ini perguruan diniyah putri ini telah menjadi buah bibir positif dimana-mana. Menurutnya karena tiada hari tanpa inovasi dan Itu semua atas jasa beliau. 

"Mari kita kirimkan al fatihah untuk al-Marhumah", serunya pada hadirin.

Ia menyatakan perasaannya yang sangat berbahagia karena melihat berkembangnya  Perguruan diniyah putri Padang Panjang telah menjadi perguruan yang berkualitas. Setelah ia saksikan tampilan proyek santri dan peresmian robot cafe karya santriwati. 

Ia mengataan bahwa sebelumnya pihaknya telah mendengar klinik ujicoba proyek robot. Tujuannya untuk melayani kostumer di masa pandemi. 

"Selama pandemi covid 19 robot yang diciptakan santriwati ini dikendalikan komputer menjadi robot pertama di Indonesia yang dapat melayani tanpa harus tatap muka dan bisa tetap menjaga jarak. Bagaimana sistem kerjanya? Apakah robot ini dapat menjawab pertanyaan Costumer?" tanyanya memancing rasa ingin tahu hadirin. 

Ia menjelaskan bahwa Robot ini dapat mengantarkan segelas kopi dan mentransfer pesanan ke counter atau bisa menghindari meja dan kursi atau yang merintanginya.  Ia menambahkan bahwa robot ini berjalan dengan roda. 

Hendri mengingatkan bahwa bahwa inovasi perguruan Diniyah Putri ini sejalan dengan misi kemenag, yaitu meningkatkan akses dan kualitas pendidikan agama dan umum.

"Kanwil Kementerian  Agama terus berbenah dan terus melaksanakan hal-hal kekinian terhadap lembaga keagamaan Islam,  terutama peningkatan akses pendidikan sarana dan prasarana pondok pesantren. Kemudian menampilkan pondok pesantren yang terjangkau bagi putra/putri  dan Kementerian  Agama telah memberikan   bantun kepada pondok pesantren 12 Miliar 814 juta untuk provinsi Sumatera Barat terdiri BOS, BNPP dll. " ujarnya. 

Terkait peningkatan standar mutu pesantren. Menurutnya dengan peningkatan penguasaan teknologi, disamping mengajarkan kitab-kitab  yang sudah turun temurun diajarkan pesantren sesuai dengan kekhasannya. 

"Kami telah melaksanakan sosialisasi pendidikan  diniyah formal yang 70% agama dan 30 % pembelajaran umum dan muatan lokal" imbuhnya. 

Kemudian ia mnyebut dalam meningkatkan mutu santri pondok pesantren, maka juga dengan melakukan berbagai  program bea siswa berprestasi untuk dapat melanjutkan jenjang perguruan  tinggi. 

"Sumatera barat setiap tahun selalu mengirimkan santrinya. Kegiatan  terakhir mengirimkan 17 santri" terangnya. 

Ia juga menyinggung soal Kontingen sumatera barat yang berhasil meraih emas dua cabang dan perunggu 1 cabang di Bandung, Jawa Barat. 

Selain itu ia mengatakan pada Tahun 2017, Sumatera barat mendapat 24 juara dalam rangka penguatan ketangguhan kepada santri 

"Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, dibutuhkan  kegiatan  pembinaan, maka kami memberikan apresiasi atas inovasi ini kepada santriwari sebesar 10 juta langsung dan semoga bisa dimanfaatkan" tandasnya. 

Ia tak lupa mengungkapkan rasa terimaksihnya karena menurutnya berkat dukungan walikota Padang Panjang yang Walaupun masih muda tapi jam terbangnya tinggi. 

"Semoga kita semua terus berkarya dan terus berjaya" tutupnya.(rilis)

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top