Padang Pariaman-sumateraline.com– Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman telah merampungkan pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji KUA Kecamatan Nan Sabaris yang menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Gedung ini diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Wilayah Sumbar, H. Hendri, S.Pd, M.Pd yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, Kamis (25/02/2021).

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan rasa syukur atas dirampungkannya pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji KUA Kecamatan Nan Sabaris ini. Katanya, pembangunan ini merupakan upaya Kementerian Agama dalam melayani umat.

“Kementerian Agama berupaya untuk meningkatkan berbagai hal guna peningkatan layanan kepada masyarakat. Salah satunya meningkatkan sarana dan prasarana. Alhamdulillah kita sudah mendapatkan dana dari pusat melalui pembiayaan SBSN,” kata H. Hendri.

H. Hendri merincikan, sejak tahun 2017 hingga 2020 anggaran SBSN tersebut telah direalisasikan. Tahun 2017 terdapat 7 lokasi pembangunan. Tahun 2018 terdapat 10 lokasi, 2019 terdapat 4 lokasi. Dan di tahun 2020 terdapat 13 lokasi yang dibangun, termasuk KUA Nan Sabaris.

“Untuk Kecamatan Nan Sabaris, kita alokasikan 1,4 Milyar dari dana 18,9 Milyar. Alhamdulillah hari ini gedung itu sudah selesai,” ujarnya.

Kakanwil berpesan, dengan telah diresmikannya gedung ini, agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Harapannya, kehadiran gedung ini dapat memberikan layanan maksimal kepada masyarakat.

“Mari kita manfaatkan gedung ini dengan seabaik-baiknya. Sehingga kita bisa memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat,” pungkas Kakanwil.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Dr. H. Helmi, M.Ag, laporannya menyampaikan, meski pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pemerintah daerah dan instansi lain kesulitan dan berdampak dalam pembangunan, Kementerian Agama tetap eksis dalam membangun. Pembangunan yang berhasil dilaksanakan yaitu balai nikah dan manasik haji KUA Nan Sabaris, serta empat renovasi kantor KUA di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman.

“Alhamdulillah berkat arahan dan perhatian dari Bapak Kakanwil, kita mendapatkan gedung baru balai nikah dan manasik haji di KUA Nan Sabaris ini. Secara fisik, KUA di Padang Pariaman telah tampil lebih baik. Tinggal bagaimana kita meningkatkan pelayanan,” kata Kakan Kemenag Kabupaten Padang Pariaman.

H. Helmi menambahkan, total anggaran untuk KUA di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman yaitu sebesar 42 Milyar. Atas besarnya anggaran yang terdapat dalam DIPA tersebut, Kakan Kemenag sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kakanwil Kemenag Sumbar.

Dalam kegiatan tersebut, Kakan Kemenag Kabupaten Padang Pariaman juga menyerahkan tiga sertifikat usulan SBSN yaitu Kecamatan Patamuan, Kecamatan Kampung Dalam dan Kecamatan Batang Anai. Sementara itu, terdapat dua sertifikat yang masih dalam proses yaitu Kecamatan Empat Koto Malintang dan Kecamatan Padang Sago. Kakan Kemenag berharap, usulan SBSN dan proses pembangunan selanjutnya berjalan dengan lancar.

“Tentunya kalau kepada pimpinan, kita juga tidak salah untuk meminta lagi. Karena kita memiliki 17 KUA dan baru 1 yang SBSN. Alhamdulillah semangat dari masyarakat, kita kembali menerima tiga sertifikat dan dua lagi masih dalam proses. Kita berharap seluruh prosesnya dapat berjalan lancar sehingga pelayanan kepada umat dapat semakin berkualitas,” pungkas H. Helmi. (Edo)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top