BAZNAS Tanah Datar salurkan bantuan untuk  pendidikan untuk 143 orang mahasiswa/mahasiswi dengan total Rp 219.600.000, bantuan dana zakat ini salah satu tujuannya untuk turut membantu program Pemerintah Daerah di bidang pendidikan. 

Hal tersebut di ungkap oleh Yasmansyah Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tanah Datar yang dihadiri lansung oleh Bupati Eka Putra, SE di Gazebo Indo Jolito Batusangka Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumbar pada Minggu (28/02) jam 09:00 Wib.

Pemberian bantuan ini bertujuan membantu dan sedikit meringankan beban anak-anak kita dalam melaksanakan studinya, awalnya ada 150 orang yang direncanakan akan menerima bantuan sebesar Rp1 Juta sampai Rp2 Juta per orang, namun setelah seleksi lagi, hanya ada 143 orang yang layak dibantu,” ujarnya. 

Dana bantuan bagi mahasiswa ini, ujar Yasmansyah, lebih kurang 95% berasal zakat dari ASN se Tanah Datar. “Alhamdulillah, zakat dari ASN termasuk guru ASN SD dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dikumpulkan melalui bendahara gaji dan diserahkan ke Baznas yang kemudian kita salurkan kepada yang membutuhkan dan salah satunya seperti kegiatan ini,” katanya. 

Yasmansyah di kesempatan itu menyampaikan harapannya kepada pemerintah daerah melalui Bupati, ke depan semakin banyak Muzakki yang menyalurkan zakatnya kepada Baznas.

"Kita berharap ke depan Muzakki selain ASN semakin meningkat dan bertambah. Dan jika memungkinkan kita berharap juga melalui Pak Bupati, zakat guru ASN SLTA kembali diserahkan Baznas Kabupaten, sehingga kita juga bisa membantu anak-anak kita di SLTA sekaligus program Baznas yang lainnya,” ucapnya. 

Sebelumnya Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan pemerintah daerah menilai sektor pendidikan menjadi salah satu bidang yang tetap menjadi perhatian. “Kita sepakat bahwa program yang baik tetap kita lanjutkan, dan di bidang Pendidikan, Pemda sepakat akan membantu siswa untuk masuk ke Perguruan Tinggi, sehingga memang kita berharap tidak ada anak Tanah Datar gagal masuk kuliah dengan alasan ketiadaan dana,” ujarnya. 

Karena itu, tambah Eka, atas pelaksanaan program Baznas seperti ini, atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih. “Program ini tidak sekedar membantu, namun nantinya akan turut menciptakan kesejahteraan masyarakat, karena ini salah satu cara meningkatkan SDM masyarakat kita,” tambahnya. 

Bagi para mahasiswa yang menerima bantuan, Bupati Eka Putra juga berpesan agar terus bersemangat belajar dan tidak menyerah dengan keadaan. “Percayalah, kita mempunyai potensi untuk sukses dan berhasil. Hari ini adik-adik menerima bantuan ini, kelak setelah mapan dan sukses, adinda semualah yang akan menjadi muzakki dan memberikan bantuan seperti ini, Insya Allah,” ujarnya.

"Pergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, do’akan para Muzakki yang telah menyisikan hartanya agar dibalas dengan pahala oleh Allah SWT, dan juga do”akan saya bersama pak Wabup dan pimpinan lainnya agar bisa memimpin Tanah Datar untuk lebih baik ke depan,” pungkas Eka. 

Kegiatan ini turut dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kepala Tata Usaha Kemenag Tanah Datar H. Yusmarli, Kepala Bank Nagari Syariah Cabang Batusangkar, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, jajaran Baznas Tanah Datar.(**)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top