Suasana Kegiatan FKP Dinas PUPR Tahun 2022

Payakumbuh, SUMATRALINE — Dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan guna mencegah penularan wabah virus Covid-19, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Payakumbuh laksanakan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rencana Awal (Ranwal) dan Rencana Kerja (Renja) Dinas PUPR tahun 2022 di Aula Dinas PUPR, Rabu (3/3/2021).

Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten II Elzadaswarman saat membuka kegiatan tersebut mengatakan jika kegiatan FKP ini merupakan salah satu cerminan dari kebersamaan dan partisipasi bersama dalam merumuskan pembangunan infrastruktur dan penataan kota dimasa yang akan datang.


"Kita menyadari bahwa keberhasilan pembangunan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, dunia usaha dan seluruh elemen masyarakat," kata Asisten II Elzadaswarman.


Asisten II itu juga turut menyampaikan bahwa kegiatan FKP ini merupakan tahapan dari penyusunan dokumen perencanaan, dimana pada kegiatan tersebut akan menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan untuk tahun 2022 agar bisa menghimpun seluruh aspirasi dari stakeholders terhadap prioritas dan sasaran pembangunan.


"Untuk tahun 2022 nanti, mari semuanya agar dapat lebih fokus kepada pemulihan sosial ekonomi masyarakat serta peningkatan daya saing daerah yang telah merosot akibat terjadinya pandemi wabah Covid-19 dimana telah terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi pada angka 1.18 persen," ungkap om Zed sapaan akrabnya.


Asisten II Elzadaswarman buka kegiatan FKP Dinas PUPR Tahun 2022



Sementara untuk infrastruktur sendiri Asisten II menjelaskan jika di tahun 2022 mendatang akan lebih difokuskan untuk proyek-proyek strategis yang akan dirasakan dampaknya langsung bagi pertumbuhan ekonomi kota Payakumbuh nantinya, dampak itu seperti pada sentra-sentra ekonomi serta pengembangan sentra industri IKM kota Payakumbuh.


"Dengan pelaksanaan FKP ini, maka tentunya kita semua akan dapat memahami arah pembangunan dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan pembangunan di kota Payakumbuh pada tahun 2022 mendatang," terangnya.


Sementara itu Kepala Dinas PUPR yang diwakili Sekretaris Dinas PUPR Rajman Sunardi mengatakan bahwa kegiatan FKP ini sangat perlu dilaksanakan agar lancar dan sukses serta tercapainya target-target pembangunan sesuai dengan visi-misi Wali Kota Payakumbuh.


"Seperti kita ketahui bersama, jika di tahun 2020 kemaren dengan telah dilangsungkannya FKP ini maka untuk capaian kinerja kita dapat dicapai sesuai target, dimana untuk persentase kesesuaian pemanfaatan ruang dengan target awal di angka 79,50 persen, dan kita mampu menyelesaikannya sesuai target di angka 79,58 persen," ungkap Rajman Sunardi


Dilanjutkan, untuk daerah irigasi berkinerja baik dimana pada awalnya ditargetkan diangka 81,72 persen, dan kita mampu menyelesaikannya pada angka 82,08 persen. Dan semua itu telah kita kerjakan sesuai dan bahkan diatas target awal  sehingga dengan capaian ini, dinas PUPR dapat meraih nilai evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) A dengan jumlah angka di 89,27," ujar Rajman dengan semangat.


Dinas PUPR kota Paykumbuh, menurut Rajman saat ini akan menyusun target capaian pada rencana kinerja kesesuaian pemanfatan ruang di tahun 2021 di angka 79,80 persen dan di tahun 2022 ditargetkan akan mencapai 80,10 persen, serta untuk daerah irigasi berkinerja baik tahun 2021 ditargetkan diangka 84,21 persen dan tahun di tahun 2022 akan naik menjadi 86,58 persen.


Lebih lanjut, untuk ketersediaan fasilitas umum perkotaan tahun 2021 ditargetkan mencapai 71,39 persen dan ditahun 2022 menjadi 71,98 persen, dan sementara target infrastruktur untuk panjang jalan kota saat ini dalam kondisi mantap, dimana tahun 2021 ditargetkan selesai pada angka 75,56 persen dan di tahun 2022 mendatang akan naik menjadi 77,31 persen.


Sekretaris Dinas PUPR Rajman Sunardi saat memaparkan capaian kinerja dinas PUPR ditahun sebelumnya 



Selain itu, Rajman turut menyampaikan bahwa paca pelayanan air minum bagi masyarakat kota Payakumbuh di tahun 2021 sudah mencapai diangka 99,25 persen, dan akan ditargetkan selesai ditahun berikutnya dengan estimasi nya diangka 100 persen, serta dengan capaian target ini tentu akan tetap dipertahankan nilai evaluasi AKIP Dinas PUPR A.


"Dan dengan kegiatan FKP ini, kita selalu mempertimbangkan usulan-usulan yang telah disampaikan saat pelaksanaan musrenbang, dan prioritas daerah, prioritas dinas serta pokir dari anggota dewan semuanya. Dan usulan ini tentu Kuta pertimbangkan dengan dasar dapat menimbulkan dampak positif bagi pemerintah serta seluruh masyarakat kota Payakumbuh," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top