Padang-sumateraline.com- Dalam rangka menunjang pemasaran tampilan hasil produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Padang, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perdagangan menghadirkan Galery Dagang yang berada di lingkungan Kantor Dinas Perdagangan jl. Khatib Sulaiman No.67.

Galery Dagang tersebut diresmikan oleh Plt Wali Kota Padang Hendri Septa, Rabu siang (10/3/2021). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Plt Wali Kota Hendri Septa didampingi Kepala Dinas Perdagangan Andree Algamar yang disaksikan pihak terkait lainnya.

Hadir dikesempatan itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Syuhandra, Kepala Disparbud Arfian, Kabag Perekonomian dan SDM Swesty Fanloni dan lainnya.

Plt Wali Kota Hendri Septa menyampaikan, atas nama Pemko Padang tentu sangat menyambut baik hadirnya Galery Dagang yang merupakan hasil binaan Dinas Perdagangan Kota Padang tersebut. Ia pun berharap upaya ini dapat menjadi solusi untuk memperluas pangsa pasar bagi UMKM di Kota Padang.

"Alhamdulillah, kita bersyukur sekali hari ini Dinas Perdagangan Kota Padang telah menghadirkan Galery Dagang sebagai sebuah galery yang menampilkan berbagai produk kerajinan khas Minangkabau. Kita ketahui ada 20 jenis produk hasil binaan dari Dinas Perdagangan dengan bekerjasama dengan pelaku UMKM di Kota Padang. Semuanya siap untuk dijual bagi masyarakat kita maupun wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke Padang," ucap Plt Wako.

Menurut Hendri Septa, hadirnya Galery Dagang tersebut tentunya juga diyakini akan menambah minat kunjungan wisatawan di Kota Padang. Hal itu dikarenakan, hasil produk UMKM khas Minangkabau bisa dilihat di tempat tersebut, bahkan bisa dipesan secara langsung ataupun secara 'online'.

"Jadi, kepada bapak ibu warga Kota Padang serta para pengunjung yang datang ke Padang silahkan kunjungi Galery Dagang ini. Karena di sini banyak tersedia produk-produk UMKM unggulan yang bisa kita beli. Semuanya sangat menarik," ungkap Plt Wako Padang itu.

Seperti diketahui, di Galery Dagang tersebut tampak telah terpajang dan ditampikan berbagai produk UMKM khas Kota Padang. Diantaranya mulai dari berbagai jenis baju batik, baju kebaya, selendang, kain sarung, peci, tas dan masih banyak produk lainnya.

Senada dengan itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree Algamar mengatakan, adapun yang melatar belakangi pembuatan Galery Dagang tersebut yaitu sesuai dengan menindaklanjuti visi dan misi Pemko Padang yakni menjadikan Padang sebagai kota berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata.

"Hadirnya Galery Dagang ini merupakan upaya kita dalam menghadirkan ruang bagi UMKM di Kota Padang. Jadi di sini adalah satelitnya atau ruang pamer dari produk-produk UMKM yang kita miliki," ungkapnya.

"Maka itu, bagi siapa saja yang ingin memesan silahkan menghubungi nomor handphone yang kita sediakan. Pemesanan juga bisa melalui medsos yang kita miliki baik facebook, instagram atau website resmi Dinas Perdagangan Kota Padang," jelas Andree menambahkan.

Andree menyebutkan lagi, untuk produk UMKM yang ditampilkan di galery dagang ini akan terus berganti tiap bulannya. 

"Untuk saat sekarang ada 20 jenis UMKM yang ditampilkan. Insya Allah pada bulan selanjutnya akan terus kita tambah dengan berbagai macam variasi produk. Sekarang galery buka setiap jam kerja mulai dari pukul 07.30 sampai pukul 16.00 WIB. Ke depan kita rencanakan semoga bisa buka sampai malam hari dan setiap hari. Di kawasan galery juga akan kita selingi dengan beragam hiburan nantinya, sehingga menambah minat orang datang ke sini," tukas Andree Algamar mengakhiri.(David)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top