Untuk menghasilkan tanaman kacang tanah yang subur, perawatan lahan wajib dilakukan terutama pembersihan rumput liar atau gulma. Pembersihan tanaman liar sebaiknya dilakukan sebelum penanaman kacang.

Hal ini disampaikan Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Lubuk Alung jajaran Kodim 0308/Pariaman Prada Saidina Ali pada saat melaksanakan kegiatan membantu petani menanam bibit kacang tanah di lahan kacang milik Bapak Man, kegiatan ini terkait dalam rangka mensukseskan swasembada pangan pemerintah, di Nagari Toboh Gadang Utara Korong Toboh Olo Kecamatan Sintoga Kabupaten Padang Pariaman.
Rabu, (14/04/2021)

Prada saidina Ali mengatakan Gulma dapat menurunkan hasil panen karena ada per­saingan antara gulma itu dengan tanaman kacang, dalam pengam­bilan unsur hara, air dan cahaya,” ujarnya.

Prada Saidina ali berharap petani selalu memperhatikan tanaman dan lahan kacang dengan baik dan selalu mengecek serta merawat tanaman kacang dari gangguan gulma yang menyerang tanaman kacang agar tanaman kacang bisa tumbuh dengan subur tanpa gangguan gulma dan tanaman kacang bisa meningkat produktifitasnya,” harapnya.

Secara terpisah, Danramil 05/lubuk alung Kapten arm Azral menyampaikan kepada Babinsa Koramil 05/lubuk Alung, ” agar para Babinsa Selalu mendampingi petani dalam menjalankan pertanian mulai dari pengolahan lahan, penanaman hingga pemanenan dilakukan, agar para Babinsa mengetahui hasil produktifitas tanaman kacang tanah khususnya di wilayah Koramil 05/Lubuk Alung.(**)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top