TanahDatar-sumateraline.com Rabu (26/04-2021)


Balai Besar Pengawas Makanan (BBPOM) Padang mengatakan, Pabukoan atau tajir yang dijual di Pasar Pabukoan Batusangkar bebas dari Zat Pengawet dan Pewarna aman  dikonsumsi untuk berbuka Puasa, setelah terlebih dahulu di uji sampelnya oleh BBPOM.

Hal ini disampaikan kepala BBPOM Padang Firdaus Umar, S.Si Apt, pihaknya telah melakukan Spesimen sebanyak 26 sampel, dari 26 sampel yang di periksa hasilnya negatif bearti aman dikonsumsi masyarakat.

"kita memeriksa  takjil  tadi itu sebanyak 26 sampel,  7 sampel diuji untuk borak, 19 untuk rodamin, semuanya negatif dan aman untuk dikonsumsi sebagai penganan pabukoan," tuturnya.

Satu persatu pedagang yang        menjual menu berbuka puasa    khususnya takjil  seperti cendol, es, kerupuk dan kue dibeli sebagai bahan uji laboratorium. Dari hasil uji, akan diketahui apakah penganan berbuka puasa menggunakan bahan berbahaya atau  tidaknya.

"penganan berbuka puasa yang dijual oleh pedagang di pasar pabukoan Batusangkar tidak ada yang mengandung zat yang berbahaya, "tambahnya.

Selanjutnya, Kadinkes Tanah Datar Yesrita mengatakan salah satu tujuan digelarnya razia ini untuk meminimalisir penggunaan zat berbahaya yang dicampur dalam makanan buka puasa yang dapat merusak tubuh karena mengunakan zat kimia.

"Dari pagi kita bersama BBPOM di Padang melakukan pengecekan terhadap makanan di Pasar Batusangkar ini. Sorenya  kita melakukan pengecekan terhadap makanan buka puasa," pungkas Yesrita.

Kita juga minta batuan dari pihak Kepolisian untuk mendampingi dalam melakukan pemeriksaan makanan agar berjalan dengan aman, untuk menjaga hal-hal yang tidak diingini, tambahnya.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top