Padang - Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM didampingi oleh pengurus DPD LPM Kota Padang Mastias Sanjany, Anizar Rajo Intan, Dedi Azhari  memberikan bantuan kepada anak yatim piatu sebanyak 40 orang di lingkungan RW. 05 Kurao Kapalo Banda.

Pantuan dari awak media di lapangan terlihat dari pancaran mata dan senyum manis anak-anak yatim saat detik-detik pembagian zakat malam itu juga diawali dengan buka bersama. Bertempat di Masjid Raya Kurao Kapalo Banda, Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Selasa (27/04/2021).

Irwan Basir menyampaikan, ini menandakan bahwanya di lingkungan masyarakat yang mempuyai peran aktif bersama - sama teruma sekali di rumah Allah ini kita partisipasi. Batas hak kita ada hak orang lain.

Karena di bulan ramadhan ini bulan yang penuh rahmat, kita baik secara individual maupun secara organisasi. Diwajibkan juga bisa bersama - sama meramaikan dan memberikan pro aktif terhadap aktifitas masyarakat yang ada di tingkat Kelurahan, Kecamatan maupun ditingkat organisasi lainnya, ujarnya.

Lebih lanjut, Irwan Basir juga mengatakan karena ini merupakan suatu momen pembagian zakat kepada anak yatim piatu dan ini perlu di contoh di Masjid - masjid dan Mushola lainnya.

Karena ini menambah ukhuwah islamiyah, bahwasanya dengan kebersamaan menyatukan visi dan misi maka wadah ini bisa merembas kepada kepentingan - kepentingan masyarakat yang layak untuk di perhatikan khusus.

Nah tentu, perhatian di tingkat RT/RW, Lurah, Camat sehingga memfasilitasi permasalahan - permasalahan kondisi sosial kemasyarakatan melalui aktifitas dari masyarakat untuk masyarakat itu sendiri.

Maka oleh sebab itu, masjid ini adalah satu wadah sehingga merenungkan suatu masalah dan mencarikan solusi permasalahan dan membuat suatu interaksi yang bisa memuaskan segala lapisan dan sesuai dengan kondisi sosial masyarakat kita, katanya.

Ia menambahkan, pada bulan ramadhan merupakan bulan anak yatim, mari santuni mereka jangan biarkan mereka menangis dan bersedih. Mari cintai, sayangi dan rindui anak yatim. “Insya Allah” jika kita menyantuni anak yatim. Maka, kelak kita dekat dengan baginda Rasulullah.

"Jika kita melalaikan anak yatim, maka kita berdosa dan tidak ada keberkahan bagi kita umat muslim," tuturnya Ketua DPD LPM Padang.

Irwan Basir sangat mengapresiasi pergerakan remaja Masjid, pendidikan karakter generasi muda dan persatuan ibu-ibu majlis taklimnya juga kompak. Sebab, ini dasar membangun karakter generasi muda.

Pada kesempatan tersebut, secara spontan Datuk IB menyarahkan bantuan Rp.2 juta. Satu juta bagi pendidikan pesantren dan satu juta untuk pengurus.

Sementara itu, Deni Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kuranji mewakili Camat Kuranji Eka Putra Buhari menghaimbau agar selalu memperhatikan protokol kesehatan, tetap memakai masker dan khusus bagi anak-anak jangan menyalakan petasan atau meriam bambu yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan dalam beribadah, ujarnya.

Turut dihadiri oleh Lurah Sungai Sapih Asral Maas, Camat Kuranji yang diwakili oleh Kasi Tantib Deni, mantan Ketua Pertama Remaja Masjid Gemma Kurba Dedi Azhari Malin Sampono, tokoh masyarakat Kuranji Eri Anto Mahmuda.

Sumber: DP - Humas DPD LPM Kota Padang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top