Masyarakat Nagari Sungai Patai memiliki Masjid megah yang menelan biaya sebesar 7 Miliyar dengan luas 1400 persegi, diresmikan langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, dihadiri  Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE dan Wali Kota Padang Panjang Fadly Ambran di Jorong Talago Jaya Nagari Sungai Patai Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Senin (17/05) Jam 10:00 Wib.

Wali Nagari Sungai Patai Irfan Zainora (Mak Itam) dalam pembukaannya mengatakan, berdirinya Masjid Ihsan ini berkat donatur Perantau keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman dan dana Pokir anggota DPRD dari Partai Demokrat Nurhamdi Zahri dan masyarakat Nagari Sungai patai secara bergotong royong untuk mengerjakannya.

"Sebenarnya untuk pembangunan Masjid ini sudah di rencanakan 4 tahun sebelumnya,
dengan selesainya masjid ini di bangun maka tercapailah 70 % Visi dan Misi dalam program saya sebagai Wali Nagari 2 Periode di Nagari Sungai Patai. Untuk itu saya ucapakan terimakasih atas kehadiran Gubernur Sumbar, Bupati Tanah Datar, Wali Kota Padang Panjang, anggota DPRD dan undangan lainnya di Nagari Sungai Patai," kata Wali Nagari.

Lebih lanjut Irfan Zainora menambahkan, untuk pembangunan Masjid Ihsan ini membutuhkan waktu hanya sekitar 18 bulan, dananya sebagian besar dari keluarga besar H. Ambran Sutan Sidi Sulaiman dan donatur serta masyarakat lainnya sehingga kita sudah memiliki Masjid megah  ini, tambahnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran yang mewakili keluarga besar H. Amran Sutan Saidi Sulaiman menyampaikan harapannya agar masjid yang telah selesai di bangunan dapat di manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan mohon maaf kalau selama proses pembangunan masjid ini ada kesalahan dari keluarga besarnya.

"Alhamdulilah, niat lama keluarga besar H. Amran 
untuk membantu pembangunan masjid di Nagari Sungai Patai bisa terlaksana dengan baik. Semoga apa yang telah di bangun ini mampu untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT terutama dalam memakmurkan masjid," ucapnya.

Dikesempatan terebut, Bupati Tanah Datar Eka Putra, menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat aktif dalam pembangunan masjid Ihsan nagari Sungai Patai. "Seperti apa yang di sampaikan oleh Wali Nagari tadi yang kita lihat Vidio proses untuk pembangunan masjid Ihsan, dapat juga disampaikan bahwa memang di nagari Sungai Patai ini masyarakatnya sudah terbiasa bergotong Royong rasa kebersamaannya sangat tinggi, "ujar Bupati.

Bupati Eka Putra juga  berharap sukses dalam pembangunan masjid ini,
" jangan sampai masjid megah Fisik saja, namun hendaknya jemaah ramai dalam beribadah. Saya juga berharap masjid ini dibuka 24 jam, namun tentunya kita harus memperhatikan keamanan dan kebersihannya, "harap Eka Putra.

Bupati menambahkan, ini sesuai dengan salah satu program unggulan kami, yakni melahirkan 1 hafis atau hafizah dalam 1 rumah tangga, kita yakin nagari Sungai Patai mampu untuk melakukannya." Melihat semangat Gontong Royong dan rasa kebersamaan dari masyarakat Nagari Sungai Patai, saya yakin program pemerintah akan berhasil dan sukses dilaksanakan disini," kata Eka Putra.

Sementara itu Gubernur Sumbar disambutanya menyampaikan, Apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Nagari Sungai Patai yang mendukung pembangunan Masjid Ihsan secara bergotong royong.

"Gotong Royong seperti yang kita saksikan di Vidio tadi adalah sebuah kearifan lokal nagari Sungai Patai. Inilah yang akan dipertahankan atau diviralkan sehingga bisa menjadi contoh dan rujukan bagi daerah lain di Sumatera Barat," kata Gubernur.

Hadir juga saat itu, keluarga besar H. Amran Sutan Saidi Sulaiman, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahri, Forkopinca, Camat Sungayang Yetriwel Kapolsek Sungayang, Dandramil Sungayang, Wali Nagari Sungai Patai serta Wali Nagari tetangga Situjuah Batua, BPRN, KAN, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan undangan lainnya. (007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top