Tanah Datar-sumateraline.com Minggu (27/06-2021)

Alhamdulillah, 3 Nagari Salingka danau melakukan "Sumpah Sati Guguak Samain" untuk menduduki batas wilayah nagari di Malalo Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat Minggu (27/06).

Dengan tercapainya kesepakatan anak nagari 
dan tokoh adat dari 3 Nagari, Bungo Tanjung, Batipuh Baruah, Padang Laweh Malalo, maka disepakati untuk melakukan sumpah sati Guguak Sumain.

Sumpah Sati Guguak Samain yang di gelar diilereng Samain, di perbatasan 3 nagari ini di hadiri oleh tokoh adat, tokoh agama dan Dubalang-dubalang di Nagari, juga dihadiri oleh tokoh adat dari Provinsi Sumatera Barat, Katik Mangkuto.

Katik Mangkuto, dalam kesempatannya mengatakan, "untuk mencari kesepakatan memang perlu dilakukan Sumpah Sati Guguak Samain ini" ucap Katik Mangkuto.

Sumpah Sakti dilakukan
atas kesepakatan, dari Anak Nagari dan Tokoh adat dari 3 Nagari, Bungo Tanjuang, Batipuah Baruah, Padang Laweh Malalo, maka sepakat mengadakan Sumpah Sati Guguak Samain.

Sumpah Sati Guguak Sumani, yang digelar di lereng Sumain, di perbatasan 3 Nagari ini, dihadiri oleh tokoh Adat, tokoh agama dan dubalang-dubalang di Nagari tersebut, juga dihadiri oleh tokoh ada dari Provinsi Sumatera Barat, Katik Mangkuto.

Katik Mangkuto, dalam kesempatan itu mengadakan, untuk mencari kesepakatan memang perlu diadakan Sumpah Sati Guguak Samain ini, ucapnya.

"Kita, bisa mencontoh kepada Sumpah yang dilakukan oleh kaum adat dan kaum agama di Sumpah Bukit Marapalam dahulu di tahun 1830 dahulu” lanjutnya.

Kita berharap kepada 3 Nagari yang terkait dengan Sumpah ini, janganlah dilanggar,  sumpah ini untuk dipatuhi sampai dengan anak cucu kita nanti, dan siapa yang melanggar, akan datang mala petaka, seperti, keatas tidak berpucuk, kebawah tidak berurat, dan ditengah akan digirik kumbang, akan punah, kaumnya” pungkasnya.(007-n)

Dilansir dari Mattanews.co


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top