Tanah Datar-sumateraline.com Rabu (23/06-2021)

BPJS Ketenagakerjaan sangat bermanfaat untuk melindungi masyarakat, yang perlu ditingkatkan sosialisasi ke perusahaan dan ke tengah-tengah masyarakat, sehingga masyarakat tau manfaat keuntungan ikut dalam BPJS tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra,SE yang didampingi Kadis PMPTSP Naker Zarratul Khairi saat menerima kunjungan Kepala Kantor BPJS ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi Ocky  Olivia, Kepala Cabang BPJS ketenagakerjaan Tanah Datar Muhamad Afdal dan Kepala bidang kepesertaan Yori Pratama di Rumah dinas Bupati Indo Jolito  Batusangkar Rabu (23/06).

Pada kesempatan tersebut, Eka Putra mengatakan, masyarakat
Tanah Datar banyak berprofesi sebagai tenaga kerja informal.

"Tanah Datar adalah wilayah pertanian jumlah petaninya pun tinggi, jika
bisa dirangkul petaninya akan terlindungi melalui jaminan sosial, tidak hanya petani, guru honor, guru TPA, atau Tahfidz maupun da i bisa ikut program BPJS ini," ujar Bupati Eka Putra.

Kita akan kaji ini kalau memungkinkan kondisi keuangan. Pemerintah daerah punya kepedulian untuk membantu, ucap Bupati lagi.

Waktu yang sama, Kadis PMPTSP Zarratul Khairi menambahkan, saat ini ada rencana untuk melindungi pekerja rentan (rumah tangga miskin) agar terlindungi jaminan sosialnya melalui sistem donasi dari perantau.

"Bagai mana nanti perantau ikut menjamin premi saudaranya di Kampung halamannya, sehingga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, ada keringanan yang diterima," tambah Zarratul Khairi.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi Ocky Olivia, mengatakan terimakasih
atas sambutan yang di berikan Bupati Tanah Datar atas kunjungannya ke tempat kediaman Bupati, ia mengatakan siap berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap BPJS ketenagakerjaan.

"Terimakasih Kami sudah sudah diterima, mudah-mudahan silaturahmi ini bisa memperkuat kerja sama pemerintah daerah dengan BPJS ketenagakerjaan," ucapnya.

Hal yang sama dengan Kepala BPJS ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar M. Afdal mengatakan, akan terus mensosialisasikan program BPJS ketenagakerjaan ini.

"Beberapa waktu lalu kita sosialisasikan kepada guru TPA  dan dari 2.000-an jumlah sudah 150 orang yang ikut, sambungnya," sambung M. Afdal.

Dikesempatan itu juga diserahkan pembayaran santunan kepada Afrizal ahli waris Nova Afriani guru honor SDN 14 Batu Basa Pariangan senilai RP. 42 juta.

Almarhum meninggal karena sakit yang diderita. Menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan selama 6 bulan dengan premi Rp. 9.700 perbulan, mudah-mudahan santunan yang diberikan bisa bermanfaat, harapnya.

Turut hadir Kadis Dikbud Tanah Datar Riswandi, Kabag Kesra H. Afrizon dan Kabid tenaga kerja  Melly Hendrayani.(007-n/h)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top