Agam - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Sosial menggelar bimbingan kapasitas (bimtek) karang taruna bagi pengurus karang taruna provinsi serta pengurus karang taruna kota dan kelurahan se Kota Payakumbuh di Nuansa Maninjau Resort selama 3 hari, 30 Juni hingga 2 Juli 2020.

Dalam acara pembukaan, Rabu (30/6) malam, dihadiri oleh Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Sumbar Zulfikar, Kasi PSP KKM Dinsos Sumbar M. Sampurno, Ketua KT Provinsi Sumbar Mahdianur Musa, dan Kabid Dayasos Dinsos Kota Payakumbuh Efrizal, dan Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Yonaldi.

M. Sampurno dalam laporannya menyampaikan bimtek ini diikuti oleh 171 orang yang terbagi menjadi dua angkatan. Sementara itu, kegiatan ini didanai melalui pokok pikiran (pokir) Ketua DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Gerindra, Supardi.

"Ada 5 angkatan yang bakal mengikuti bimtek ini nanti, bahkan Karang Taruna dari Limapuluh Kota mengikutinya pada angkatan ketiga," papar Sampurno.

Sampurno juga menyampaikan apresiasi kepada Karang Taruna Sopan Santun Balai Jariang yang telah juara dalam penilaian pilar-pilar sosial di tingkat Provinsi Sumbar.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Sumbar Zulfikar yang membuka acara mengatakan pemuda adalah pelopor, belajar dari nabi dan sahabatnya. Ketika Rasulullah menyiarkan Islam, pemuda yang pertama kali diajak nabi adalah Ali Bin Abu Talib sebagai pelopor.

Dirinya menilai, dari mars karang taruna, ada kata pewaris dan pelanjut cita-cita bangsa. Perjuangan orang-orang di zaman dahulu sudah mereka tunaikan, sekarang tugas generasi zaman kini adalah dengan permasalahan yang lebih kompleks. Sehingga, karang taruna diharapkan sebagai wadah generasi muda dan menjadi mitra pemerintah dalam usaha kesejahteraan sosial.

"Keberadaan karang taruna diharapkan dapat dirasakan oleh masyarakat di lingkungan mereka masing-masing. Cara dan upaya dilakukan agar eksistensi organisasi ini semakin mantap untuk mempersiapkan generasi penerus. Untuk itu, harus ditingkatkan pengembangan kapasitas sumber daya manusianya," ungkap Zulfikar.

Sementara itu, Kabid Dayasos Dinsos Kota Payakumbuh Efrizal menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sumbar yang telah melaksanakan bimtek kepada karang taruna se Kota Payakumbuh. Menurutnya program pemberdayaan SDM memang sangat dibutuhkan, apalati di tengah pandemi seperti saat ini.

Apalagi, kata Efrizal, peran karang taruna yang digandrungi oleh anak muda saat ini dibutuhkan oleh pemerintah dalam program-program nyata. Contohnya saja aksi Karang Taruna Sopan Santun mengajak warga ikut vaksinasi sampai angka partisipasi meningkat.

"Ini adalah kesempatan baik untuk warga karang taruna, dengan diberi bimtek, mereka semakin mantap untuk membuat program kerja yang inovatif dan kreatif," kata Efrizal. (FS)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top