Babinsa Koramil 05/Lubuk Alungg,Kodim 0308 /Pariaman Serda Ilham Hidayat mendatangi sekaligus melaksanakan kegiatan Komsos dengan pengrajin bata merah bapak Herman(56) warga Korong Lubuk Munti, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung. Rabu (18/08/2021).

Babinsa Salibutan Serda Ilham Hidayat dalam mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat, melaksanakan Serbuan Teritorial dengan mendatangi pembuat bata merah yang merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding rumah, selain itu bisa digunakan untuk berbagai jenis bangunan yang lain.

Babinsa menanyakan proses pembuatan bata merah dan hasil yang diperoleh. Menurut penjelasan salah satu pekerja, bahwa  bata dapat digunakan sebagai alternatif pengganti batako. Proses pembuatan bata merah dapat dilakukan dengan dua cara, yakni manual dan bantuan mesin. Kriteria bata merah yang baik ditandai pada permukaannya yang  rata dan saling tegak lurus serta mempunyai kuat tekan yang tinggi.

Faktor yang memperngaruhi mutu bata merah diantaranya adalah air dan tanah liat, kepadatan bata merah, bentuk dan struktur tanah serta ukuran. Penggunaan bata lebih menguntungkan dibandingkan penggunaan batako, dan hasilnya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Dengan adanya gudang bata merah ini juga membuka lapangan pekerjaan buat warga,demikian terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top