Payakumbuh, SUMATRALINE — Menjadi pemimpin terhadap wilayah yang baru dilakukan pemekaran merupakan sebuah tugas yang ekstra, dan tugas ini diemban oleh Dewi Novita. Dilantik pada akhir bulan Juli 2021 silam, sosok perempuan yang merupakan jebolan STPDN (yang sekarang IPDN) itu ditunjuk walikota Payakumbuh Riza Falepi untuk memimpin kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) yang baru dilakukan pemekaran tahun 2009 silam.

Setelah dipercaya Walikota Payakumbuh dua periode itu, Dewi Novita yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Umum di Sekretariat DPRD kota Payakumbuh itu langsung gerak cepat untuk melanjutkan tongkat estafet kepimimpinan Camat Latina sebelumnya, David Bachri. Sebulan dimasa kepemimpinannya, Dewi Novita langsung menyelesaikan tugas yang telah dimulai oleh Camat Latina sebelumnya, dimana masyarakat di tiga nagori kecamatan Latina yakni Nagori Sungai Durian, Koto Panjang dan Parambahan telah melakukan musyawarah dan mufakat untuk mencari pengurus Kerapatan Adat Nagori (KAN) dan Bundo Kanduang di periode kedua setelah pemekaran wilayah pecahan dari Simalanggang tersebut.

Berlandaskan semangat etos kerja untuk memajukan kecamatan Latina, sebagai pemegang tampuk jabatan tertinggi di kecamatan pemekaran itu, Dewi Novita telah banyak menyelesaikan tugas yang harus diselesaikan dengan cepat, tepat dan akurat.

Dimana tugas terbaru yang telah diselesaikan sebagai pemimpin di kecamatan Latina, Dewi Novita bersama masyarakat adat Latina telah menyelesaikan dan menetapkan terhadap pengurus KAN dan Bundo Kanduang untuk masa periode 2020-2025 dan 2021-2026.

Ditemui oleh media SUMATRALINE setelah dikukuhkannya pengurus KAN dan Bundo Kanduang Latina oleh walikota Riza Falepi pada Senin (30/8), Camat Latina Dewi Novita mengatakan bahwa untuk menyelesaikan dalam penentuan pengurus KAN dan Bundo Kanduang ini bukanlah tugas yang ringan.

“Yang mana sebelumya, diawal saya bertugas disini langsung dimandatkan oleh para Niniak Mamak dan tetua adat Latina untuk dapat menyelesaikan segera agar pelantikan terhadap pengurus KAN dan Bundo Kanduang dapat dilaksanakan,” ungkapnya.

Menurut Dewi, sebagai perpanjangan tangan pemerintah di kecamatan, seorang Camat harus bisa kerja cepat, tepat dan akurat. Apalagi kondisi ditengah berlangsungnya pandemi wabah virus Covid-19 saat ini, kita semua harus saling bersinergi untuk menyelesaikan tugas rumah sebelumnya, dimana tugas ini berjalan tentu sesuai dengan aturan pemerintah yang telah dikeluarkan, dan aturan ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang telah banyak memakan korban jiwa sampai saat ini,” ujarnya.

“Telah disepakati bersama, bawah untuk pelaksanaan pengukuhan pengurus KAN dan Bundo Kanduang Latina ini berjalan sesuai aturan pemerintah pusat, dimana dari awal hingga akhir pengukuhan berlangsung telah menerapkan protokol kesehatan,” kata Camat Latina itu.

Dan diakhir penyampaiannya, Dewi mengatakan jika pengurus yang terpilih dan yang telah dikukuhkan tersebut merupakan masyarakat adat yang terbaik, dan mereka yang terpilih ini akan mengemban tugas yang berat kedepannya dalam bekerja ekstra lagi bersama pemerintah untuk memajukan kota Payakumbuh yang berawal dari kecamatan Latina yang baru seumur jagung ini,” tandasnya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top