Tanah Datar-sumateraline.com

(22/09-2021)

Bupati Tanah Datar Eka Putra meletakan batu pertama pembangunan Pasar Sumanik, diiringi oleh Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu dan anggota DPRD Nurhamdi Zahari, Beny Apero, Dedy Irawan di Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar pada Rabu (22/09) jam 09:00 Wib.

Kata sambutan Wali Nagari Sumanik Irama Yandi, S.Pt yang diwakili sekretaris nagari mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati pada peletakan Batu pertama pembangunan Pasar Sumanik, ini merupakan suatu kehormatan bagi kami atas kedatangan Bupati di nagari nagari kami Sumanik.

"Sebelumnya saya menyampaikan maaf dari Wali Nagari yang tidak bisa hadiri saat ini karena keluar daerah orang tua beliau sakit, mudah-mudahan tidak mengurangi hidmat acara ini dengan tidak  hadirnya beliau, terimakasih juga kepada Ketua DPRD Tanah Datar dan anggota DPRD, OPD, Forkopinca, Wali Nagari se-Kecamatan Salimpaung," sampai Sekretaris Nagari.




Sebelum peletakan batu pertama Bupati Eka Putra mengatakan, Pasar
begitu penting untuk perputaran roda perekonomian suatu daerah, kehadiran Pasar sangat dibutuhkan masyarakat, setelah pembangunannya selesai nanti berdampak
positif bagi masyarakat Kecamatan Salimpaung.

Nanti kalau Pasar sudah selesai jangan ada ribut-ribut gara-gara rebutan kios atau lapak didalam Pasar, untuk itu mari kita bersama-sama Ninik mamak KAN dan pemerintahan nagari menjaga kenyamanan dan kebersihannya, kalau bersama kita pasti bisa.

"Terimakasih kepada semua unsur yang ada di nagari karena selama ini selalu bersinergi dan bermusyawarah dalam setiap keputusan yang diambil, sehingga tidak ada riak-riak kemelut yang terjadi di nagari,
dengan adanya Pasar nanti pelaku UKM yang akan menjadi Penggerak
utamanya di Pasar,"ujar Eka Putra.

Kepala Dinas Koperindag
Darfizal melaporkan, proses pembangunan Pasar Sumanik sudah dimulai semenjak tahun 2020 yang lalu,
kita mengusulkan nama-nama Pasar yang akan dibangun atau direhab melalui dana dari kementerian perdagangan dan aplikasi SIPR.

"Ada 7 Pasar yang kita usulkan untuk kita lakukan pembangunnya atau rehab dari 42 jumlah Pasar yang ada di Kabupaten Tanah Datar,
ke 7 Pasar yang diusulkan memang harus direhab atau dibangun secepatnya," ucap Darfizal.

Nantinya Pasar ini
akan dibangun juga mushalla, fasilitas kesehatan, kantor, Pos keamanan sebagai sarana pelengkap yang harus ada disetiap Pasar
tradisional, untuk pembagunan pasar Sumanik melalui dana tugas pembangunan Kementerian perdagangan RI tahun 2021,anggaran sebesar Rp. 3.093.279.244, kata Kadis Koperindag.

Nampak hadir Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, anggota DPRD Nurhamdi Zahari, Beny Apero, Dedy Irawan, Perantau Sumanik, Kadis Perindag Darfizal, Kadis PU, serta OPD Terkait, Forkopinca Salimpaung, Wali se-Kecamatan Salimpaung, BPRN, KAN, Niniak mamak Bundo Kanduang.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top