Tanah Datar-sumateraline.com (28/09-2021)

Kita di DPRD apresiasi yang disampaikan Wali Nagari Simabur sebelumnya, apa yang menjadi persoalan di nagari terkait dengan bantuan BLT dan anggaran nagari kecil sekali. Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua DPRD Saidani, SP saat Musrembang Nagari Simabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar Selasa (28/09.

Wakil Ketua DPRD Saidani, SP katakan, pandemi Covid-19 masih berlangsung kita minta masyarakat patuhi protokol kesehatan lakukan faksin, artinya kalau sudah 100% kita difaksin baru aman,

Menyangkut bantuan dari kami di DPRD dapat disampaikan, penerimaan bantuan sekarang memang berkurang karena tahun 2020 banyak anggaran terpotong mulai dari atas sampai ke nagari transfer dana berkurang dananya dialihkan untuk penanganan Covid.

"Kami apresiasi apa yang disampikan wali nagari, penerimaan dana nagari berkurang dan dana nagari kecil wali nagari katakan apa yang menjadi gendala di nagari, sangat jarang nagari menyampaikan seperti ini, tujuannya adalah agar masyarakat bertahan dalam situasi pandemi, untuk itu prioritaskan apa yang menjadi prioritas utama di nagari," kata Saidani.

Sebelumnya Wali Nagari Simabur Zul Bhari katakan, anggaran untuk Nagari Simabur terkecil di kecamatan Pariangan, tentu ini perlu menjadi pemikiran bagi kita bersama, terutama menyangkut pendapatan yang perlu kita tingkatkan kedepan guna membangun nagari tercinta.

Seperti apa yang dijelaskan Sekretaris Nagari sebelumnya, Pagu Indikatif Sementara Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp.1.407.642.000,- dengan rincian Alokasi Dana Nagari (ADN) Rp.635.568.000,- Dana Desa (DDS) Rp.742.016.000,- dan Dana Bagi Hasil Pajak (DBH) Rp.30.058.000,-

“Dengan dana terbatas tentu akan menghasilkan pembangunan yang terbatas pula, oleh karena itu saya dan pemerintah nagari mengajak kita semua untuk bersama-sama membangun nagari, sehingga nagari kita tidak tertinggal dari segi pembangunan,” katanya menambahkan.

Wali Nagari Zul Bahri yakin dengan kebersamaan, termasuk peran serta perantau, jika memberikan dukungan untuk membangun nagari tidak ada yang tidak bisa dibangun, karena pembangunan itu akan lebih maksimal, kalau kita bersama-sama melaksanakan.

“Bagi masyarakat yang merasa kurang terlayani selama ini, entah itu akibat kurang baiknya pelayanan perangkat nagari, tolong sampaikan kepada kami dan jangan bicara di luar, karena hal tersebut tidak akan memperbaiki kondisi sebelumnya,” tutur Zul Bahri yang mengaku terbuka untuk kritikan asal saja ada solusinya.

Sementara Staf Ahli Bupati Tanah Datar Dr.Ermon Revlin, M.Ph dalam kesempatan tersebut mengharapkan masyarakat seayun selangkah membangun nagari, apa lagi dengan kondisi sekarang kondisi keuangan daerah maupun nasional banyak terkuras untuk penanganan Covid 19, jelas tak banyak dana yang bisa digunakan untuk pembangunan fisik, Kata Staf Ahli Dr. Ermon.

Nampak hadir di acara tersebut Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, SP dan Forkopinca, Camat Pariangan Yetriwel, S.Sos Wali Nagari se-Kecamatan Pariangan,
BPRN. KAN, Niniak mamak Bundo Kanduang, serta undangan lainnya.(007-n)



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top