Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung,Kodim 0308/Pariaman Serda S.Z.Damorta, Melaksanakn Komsos ke peternak lebah madu trigona di wilayah Nagari Toboh Gadang,Kec.Sintoga,Kab.Padang Pariaman pada hari ini Rabu tanggal 27 Oktober 2021.

Bapak Danil mengatakan bila ditekuni, pengembangan Lebah Madu Trigona akan menjadi penghasilan tambahan keluarga. Kelebihan dari lebah ini, adalah tidak memiliki sengatan sehingga aman dibudidayakan.

Selain itu, peternak tidak perlu repot mencarikan makanan untuk lebah tersebut. Sebab lebah dapat mencari makan sendiri asal lingkungannya mendukung. 

Modal beternak lebah trigona hanya kotak dari kayu bekas dan kita mesti memastikan lingkungan yang ditempati lebah nyaman untuk tinggal. Setelah itu tinggal menunggu hasilnya.

Baginya, beternak lebah trigona merupakan usaha sampingan keluarga yang menjanjikan. Sebab, tidak menyita waktu dari pekerjaan utama yang digeluti dan di masa pandemik korona ini, peternak beserta keluarganya dapat menikmati khasiat dari lebah madu trigona untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit.

Lebah Madu Trigona dapat dikembangkan di pekarangan rumah warga dan keuntungan usaha ini selain mendapatkan hasil secara finansial atau uang, peternak juga mendapat obat alami, yakni; madu, sebagai keberkahan alam yang Allah ciptakan.

Bapak Danil sebagai peternak lebah madu trigona ini mengaku lebah yang dikembangkannya sejak tahun 2017 lalu, terbagi dua jenis, yakni trigona torasika dengan ciri badannya berwarna kemerahan dan ukuran tubuh sebesar lalat hijau serta trigona itama dengan badan berwarna hitam dengan ukuran tubuh lebih kecil. 

Saya sudah memiliki 15 koloni lebah madu trigona yang ditempatkan di teras rumah,Bapak Danil mengaku dalam sebulan diperoleh hasil berkisar 13 botol dengan ukuran volume berkisar 280 ml dengan harga jual perbotol di banderol ke konsumen Rp130 ribu. 

Karena hasilnya belum banyak, penjualan madu trigona masih dilakukan secara lokal di seputar wilayah nagari toboh gadang. Saya berharap, madu trigona dapat di kenal luas oleh masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top