Payakumbuh, SUMATRALINE --- Pemerintah Kota Payakumbuh menargetkan lebih dari 5000 orang atau sekitar 6 persen dari total sasaran vaksinasi di Kota Payakumbuh bisa tercapai dalam Gebyar Sumbar Sadar Vaksin tahap 1 yang digelar serentak di seluruh kota/kabupaten di Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (30/10).

Di Kota Randang, kegiatan dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) M. Yamin dengan menyediakan doorprize undian berhadiah utama sepeda motor dan dihadiri langsung oleh Wali Kota Riza Falepi, Wakil Ketua DPRD Wulan Denura, Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira dan Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Moch. Denny Nurcahyono, Kajari Suwarsono, Kakankemenag Ramza Husmen, Badan Intelegensi Negara, Kepala BUMN, BUMD, serta unsur forkopimda lainnya.

Disini sudah disiapkan 8 tim vaksinator yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat juga antusias mengikuti vaksinasi di titik lain seperti di kantor camat, beberapa kantor lurah, serta sekolah.

Peserta vaksinasi didominasi oleh insan pendidikan dan ibu-ibu rumah tangga. Bahkan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh DR. Dasril memastikan pihaknya membawa 1000 peserta vaksinasi dari tenaga pendidik dan kependidikan, serta siswa sekolah negeri dan swasta berusia 12 tahun keatas.

Wali Kota Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku didampingi Sekretaris Daerah Rida Ananda dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal Dt. Tumangguang menyampaikan apresiasi atas dukungan semua unsur dalam menyukseskan vaksinasi di Kota Payakumbuh, khususnya tenaga kesehatan yang selalu siaga memberikan pelayanan.

"Tanpa adanya dukungan, kita tidak akan bisa menggelar vaksinasi masif seperti ini, menghadirkan orang sebanyak ini tidak gampang. Kalau bisa kita tentu ingin seperti inilah pelaksanaannya agar masyarakat yang ikut menjadi senang, sudahlah dapat vaksin gratis, juga mendapatkan sembako dan doorprize pula untuk dibawa pulang," kata Riza.

Disamping itu, wali kota dua periode itu juga berharap di Kota Payakumbuh bisa mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) dalam waktu dekat. Sehingga, dia bisa mengambil kebijakan selanjutnya terkait aturan beraktivitas masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Hoax terkait vaksinasi yang beredar selama ini di media-media sosial membuat semangat masyarakat kita untuk divaksin rendah. Alhamdulillah, dengan edukasi dan sosialisasi yang baik, angka vaksinasi kita terus meningkat signifikan sampai saat ini," kata Riza.

Wali Kota sarat prestasi itu juga menambahkan, meski capaian vaksinasi 70 persen adalah syarat dari sebuah herd immunity, tetapi dirinya masih optimis angka peserta vaksinasi bisa lebih dari itu, sehingga semakin banyak warga yang bisa diselematkan dari bahaya paparan Covid-19.

"Dengan banyak yang telah divaksin, positif rate kita menurun, tetapi jangan pula kita cepat bereuforia, tetap patuhi protokol kesehatan karena kita tidak tau kapan dan dimana kita bisa saja terinfeksi virus corona yang berbahaya ini," terangnya.

Sementara itu, Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira mengatakan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin ini baru dilaksanakan untuk tahap 1, akan ada lagi pelaksanaannya pada minggu-minggu di bulan November ini, mengingat keterbatasan dan kemampuan petugas vaksinator

"Khusus untuk vaksin 1, kita berharap di Sumatera Barat nantinya pada akhir November sudah 70 persen warga yang telah divaksin. Kita harus optimis untuk bisa mewujudkannya bersama-sama," ujar Kapolres Alex.

Dari Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal yang memaparkan data terakhir capaian vaksinasi di Kota Payakumbuh sudah sebanyak 52 persen, diprediksi pada pelaksanaan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin kali ini bisa mencapai 58 persen.

"Kita targetkan secara persentase pada posisi nomor 3 di Sumatera Barat, disamping itu minggu selanjutnya kita kejar lagi 70 persen, bahkan lebih," kata Bakhrizal.

Pada pelaksanaan vaksinasi di GOR M. Yamin ini, sebagai bentuk apresiasi wali kota dan forkopimda memberikan hadiah kepada peserta lansia dan siswa sekolah berusia 12 tahun.

Ada juga pemberian sembako serta undian doorprize dan hadiah menarik lainnya bagi peserta vaksinasi di beberapa lokasi pelaksanaan. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top