Tanah Datar-sumateraline.com (03/11-2021)

Bupati Tanah Datar Eka Putra dan rombongan hadiri panen perdana Cabe Merah kelompok Tani Kebun Gadang di Nagari Pandai Sikek dalam rangka pengembangan Cabe dan Bawang Merah (Bang Cerah) di Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar Sumbar pada Rabu (03/11)

Bupati Tanah Datar Eka Putra katakan, kita panen bersana di saat harga Cabe sangat bagus, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memiliki perhatian yang besar terhadap sektor pertanian, karena  sebagian besar pendapatan masyarakat Tanah Datar bersumber  dari pertanian, itu sudah tertuang dalam RPJMD di komisi dua tahun 2021-2026.

Meningkatkan ekonomi masyarakat Tanah Datar dan perjuang berbasis pertanian Industri dan UMKM, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mempunyai peranan yang penting terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat, hari ini dapat dilihat besarnya kontribusi dari sektor pertanian.

Tanah Datar mempunyai Fotografi Bukit dan Gunung mempunyai lahan pertanian yang luas yakitu 63 ribu 630 hetar itu yang sudah di olah, tanahnya subur dan Gembur sehingga cocok di olah untuk pertanian, khususnya sayuran di dataran tinggi Cabe dan Bawang Merah (Bang Cerah) tempatnya di Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto.

"Beberapa bulan yang lalu kita juga sudah penen disini tepatnya di sebelah sana waktu panen perdana Bawang Merah kualitasnya sangat bagus kita namai Sumbu Merapi, sekarang hari ini kita panen Cabe Merah namanya dari Merapi Singgalang (Mersi), saya sangat berharap setiap saya kesini harga Cabe naik, tentu saya merasa bangga setiap saya kesini harga Cabe bagus," ucap Bupati.

Sebelumnya Ketua kelompok Tani kebun Gadang Pandai Sikek mengatakan, kelompok Tani Kebun Gadang ini sudah berdiri semenjak tanggal 10 Agustus 2013, dari awal kelompok tani ini berdiri hannya bermodal sekitar Rp.500.000; dengan iyuran 50 ribu perorang sebanyak 10 orang anggota.

Prestasi yang sudah diperoleh oleh kelompok Tani Kebun Gadang ini yakitu. Juara 1 tingkat Kabupaten 2017 yang kedua juara 1 tingkat Provinsi Sumatera Barat di bidang pertanian Cabe 2018, yang ke tiga Program Kampung Iklim (ProKlim) Nasional 2019, yang didapatkan oleh Petani Kebun Gadang satu unit gedung untuk pengolah hasil Tani dan Sapi.

"Harapan kami dari Kelompok Tani Kebun Gadang akses jalan untuk membawa hasil Tani dan harga dipasaran agar tetap di pantau di awasi oleh Pemerintah. Perlu kami sampaikan tentang kesulitan-kesulitan yang kami alami adalah alat transportasi akses jalan yang menuju kesini belum memadai. Alhamdulillah tadi Bupati sudah merespon apa yang menjadi gendala bagi kami walaupun realisasinya 2022," kata ketua Kelompok Tani.

Salah seorang tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Tanah Datar Dedy Irawan katakan, khusus Nagari Pandasikek umumnya X Koto memang lahan pertaniannya sangat bagus untuk ditanami apa saja, akan tetapi hasil pertanian sering tidak seimbang dengan modal petani itu sendiri seperti harga barang yang tidak stabil sering turun naik selalu dialami oleh Petani.

"Kadang kala ada harga hasil Tani ini yang turun jauh sekali, ketika harga turun ini memang perlu juga perhatian khusus dari Pemerintah terkait solusi-solusinya atau pihak terkait agar petani ini tidak rugi, tentu kita berupaya bagai mana mencarikan solusi untuk Petani, bagaimana kita meningkatkan produksi pertanian itu sehingga masyarakat masih bisa melanjutkan pertanian berikutnya," ujar  Dedy Irawan.

Untuk mendapatkan bantuan alat untuk pertanian seperti Pupuk kita diharuskan mempunyai kelompok Tani terlebih dulu baru kita usulkan apa yang dibutuhkan, kalau tidak bagai mana pemerintah bisa membantu, tidak mungkin dibantu satu persatu atau perorangan, sedangkan kondisi Pemerintah saat ini sangat sulit, tambah Dady lagi.

Hadir saat itu Anggota DPRD Tanah Datar Dedy Irawan, Kepala dinas  perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat yang di Wakili oleh Kadis Hortikultura Gusti Rusita,  ketua TP-PKK Ny. Lise Pebrina, kepala OPD di lingkungan Kabupaten Tanah Datar, Kadis Pertanian Tanah Datar Ir. Yulfiardi, Kadis Perikanan,  Camat X Koto Adiawarman, S. Sos. MP,  Wali Nagari Pandai Sikek H. Harmen St. Rajo Malano, Ketua KAN Seprizal Dt. Bagindo Basa, BPRN, lembaga unsur Nagari Padai Sikek, Ketua Ikatan Nagari Pandai Sikek.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top