Limapuluh Kota, SUMATRALINE — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi langkah-langkah percepatan vaksinasi yang dilaksanakan berbagai daerah di Sumatera Barat. Namun dia tetap mengingatkan agar masyarakat di daerah mewaspadai gelombang ketiga Covid-19 yang sudah melanda sejumlah negara di dunia.

“Kami menyadari topografi beberapa daerah yang sulit di Sumatera Barat, sehingga perlu dilaksanakan vaksinasi “door to door”. Selain itu, pemerintah daerah harus tetap menjaga masyarakat agar tetap patuh protokol kesehatan, karena beberapa negara di dunia kini tengah menghadapi gelombang ketiga Covid-19. Protokol kesehatan tetap diutamakan dalam berbagai aktivitas,” tegasnya saat teleconference yang diikuti Oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo beserta unsur Forkopimda Kabupaten Limapuluh Kota pada Gebyar Vaksinasi Covid 19, di UPTD SMP N 1 Kecamatan Mingka, pada Rabu, (3/11/2021). 

Meskipun capaian target vaksinasi Covid-19 terus menanjak naik, yaitu dikisaran 35,62 persen untuk vaksinasi 1 dan 46,206 persen vaksinasi 2 sesuai update vaksinasi covid 19 Kabupaten Limapuluh Kota per tanggal 02 November 2021, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo beserta unsur forkopimda terus menghimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi sampai ke Nagari Nagari.

"Mari tingkatkan kesadaran diri untuk melaksankan vaksinasi. Vaksin bukan untuk pemerintah, bukan juga untuk sekedar pelengkap administrasi. Yang paling penting vaksin adalah untuk menjaga kita tetap sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan Covid 19," ucap Bupati.

Dia menuturkan, bahwa di Limapuluh Kota vaksinasi dilaksanakan setiap hari di seluruh puskesmas-puskesmas yang ada, serta ditempat tempat dilaksanakannya gebyar vaksinasi covid 19, seperti di sekolah sekolah maupun fasilitas umum lainnya.

"Selain setiap hari melaksanakan vaksin, kita juga telah turunkan surat edaran sampai ke Wali Nagari, bahwa setiap pelayanan, masyarakat harus menunjukan sertifikat vaksin. Sekali lagi mari kita tingkatkan kesadaran untuk bervaksin, lihatlah keadaan ekonomi kita sekarang akibat Covid 19 dan anak tidak dapat belajar normal," ujar Bupati.

Sementara itu Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K mengapresiasi masyarakat Kecamatan Mungka yang telah mengikuti vaksin dengan penuh kesadaran dan sadar akan kebutuhan kesehatan.

"Vaksin ini untuk kesehatan kita, melindungi kita dari resiko penyebaran covid 19, bahkan kematian. Ini ikhtiar kita, jangan percaya berita Hoax, tujuan pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia," terangnya. 

Dalam sambutanya dihadapan masyarakat Kecamatan Mungka itu, Kapolres menjelaskan bahwa dengan melaksanakan vaksinasi akan mempermudah akses segala urusan, termasuk untuk berpergian kemanapun, pasalnya disetiap pelayannan akan diminta untuk menunjukan sertifikat vaksin Covid 19.

"Pada Wali Nagari, Wali Jorong, Alim Ulama, Niniak Mamak kita berharap untuk mengajak warganya melaksanakan vaksinasi. Ini akan mempemudah segala urusan kita. Kalau kita tidak sehat bagaimana kita akan bekerja dan maju untuk daerah ini," imbuh Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, dr. Tien Septino, M. Kes juga menyampaikan bahwa Kabupaten Limapuluh Kota tengah memacu pencapaian target vaksin agar di akhir tahun ini  tercipta kekebalan kelompok di tengah masyarakat

"Saat ini di masing masing kecamatan dan Nagari tengah dilaksanakan vaksinasi masal. Jadi target kita harus selalu naik, kita tak hanya di puskesmas, tapi langsung turun ke Nagari Nagari agar target vaksinasi sampai akhir tahun terpenuhi, dengan dibantu oleh TNI/Polri, Wali Nagari, Wali Jorong serta tokoh masyarakat," tukas dr. Tien.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K, Kapolres Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota, kepala OPD, Camat, Walinagari serta masyarakat peserta vaksinasi. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top