Tanah Datar-sumateraline.com (28/11-2021)

Kedepan tantangan zaman semakin maju dan potensi kerusakan akhlak juga semakin tinggi, tentunya bisa diimbangi dengan pelajaran agama dan mendalami isi Al Qur'an sebagai tuntunan hidup, untuk benteng diri dan meningkatkan keimanan. 

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH.MH di depan yang hadir Wakil Ketua DPRD Anton Yondra bersama anggota Surva Hutri dan Khairul Abdi, Kemenag Tanah Datar, Camat Sungayang, Forkopimca Sungayang, Wali Nagari, KAN, BPRN, Bundo Kanduang. Saat membuka Perayaan Khatam Al Qur'an di Masjid Nurul Falah Nagari Andaleh Baruh Bukik Kecamatan Sungayang pada Minggu (28/11).

Khatam Al-Qur'an bukan akhir untuk membaca dan memahami isi dan kandungan Al Qur'an, akan tetapi sebuah langkah awal untuk kita terus mengamalkan kandungannya dalam perilaku kehidupan sehari-hari. 

"Kebanyakan nanda kita setelah khatam motivasi dan intensitasnya untuk membaca, mendalami Al Qur'an agak sedikit menurun, peranan orang tua sangat diharapkan untuk memotivasi anak, pemerintah daerah telah canangkan Program satu Rumah satu Hafizh/Hafizah, sehingga diharapkan 15 sampai 30 ke depan, Tanah Datar akan dipimpin oleh para hafiz dan hafizah," ucap Richi. 

Lebih lanjut Wabup Richi Aprian katakan,  mempunyai putra dan putri yang hafal Al Qur'an merupakan sebuah berkah bagi orangtuanya, karena itu tentunya dorongan dan dukungan orangtua kepada anaknya untuk mau belajar dan hafal Al Qur'an sangat diharapkan. 

"Memiliki anak shaleh dan shalehah tentu menjadi kebanggaan, karena Do'a mereka mampu meringankan beban siksa orang tua di alam kuburnya dan bahkan mampu menambah timbangan pahala bagi ibu dan bapaknya kelak. Karena kelebihan inilah, mari kita dorong dan dukung anak kita mendalami Al Qur'an," kata Richi.

Selanjutnya Richi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat, pengurus masjid serta semua pihak yang telah mempersiapkan kegiatan Khatam Al Qur'an ini sebaik mungkin, tentu ke depan diharapkan masjid ini diwarnai dan diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan, terutama shalat berjamaah dalam 5 waktu shalat fardhu, pungkasnya.

Sebelumnya Aswanto Ketua pelaksana
menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wabup bersama rombongan, di jorong Baruah Bukit, kunjungan ini akan menjadi sejarah, dan motivasi bagi kami semua. Adapun para peserta khatam, tambah Aswanto, berjumlah 70 orang dari 4 TPA/TPSA yang ada di Nagari Andaleh Baruah Bukik. 

"Kami menggelar secara rutin khatam ini 2 tahun sekali, dan untuk tahun ini ada 70 santri dan santriwan yang akan di khatam dengan mengangkat tema melalui khatam Al Qur'an kita ciptakan generasi milenial yang Qur'ani, Beriman, Berilmu dan Beradab," kata Aswanto.(007-n/p)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top