Tanah Datar-sumateraline.com (20/12-2022)

Adat dipakai Surau di dirikan, baru sejalan dengan Program Bupati Tanah Datar. Kami ucapakan terimakasih kepada Bupati Eka Putra ditengah kesibukan, beliau menyempatkan diri untuk hadir di peresmian Surau dan Rumah Gadang Kampung Melayu ini.

Hal ini dikatakan Datuak Bijayo, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN)  Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM  meresmikan Surau dan Rumah Gadang dijorong Padang Data Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Senin (20/12).


Ketua KAN Datuak Bijayo mengatakan, kegiatan ini sudah lama direncanakan dan disesuaikan dengan jadwal Bupati, sekarang Alhamdulillah baru bisa terlaksana, namun dengan demikian kami sangat yakin beliau sangat cinta dengan Nagari Tanjung Barulak, terbukti dengan kehadiran Bupati hari ini padahal hari ini Jadwal beliau Padat.

"Kabarnya setelah peresmian ini Bupati lansung berangkat ke Dumai Pekan Baru,
semoga beliau selamat sampai tujuan, dengan dilaksanakannya peresmian rumah gadang dan surau ini, maka sudah sesuai dengan perencanaan sebelumnya berjalan dengan baik," Kata Ketua KAN Dt. Bijayo.

Hal senada disampaikan
Amrizal, SH Ketua
Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kota Dumai, kebetulan perantau  Dumai pulang Basamo setelah tertunda beberapa tahun karena Pandemi baru sekarang bisa pulang Kampung.

Perantau bahu membahu membangun rumah gadang dengan mengumpulkan sumbangan, kami juga  berterimakasih kepada seluruh niniak mamak yang telah memotivasi  karena rumah gadang ini sudah tidak layak, sehingga kami melakukan musyawarah untuk kelanjutan rumah gadang, begitu juga dengan Surau atau Langgar ini sejak tahun 1800an di bangun belum ada perubahannya.

"Alhamdulillah saat ini bisa kita resmikan dengan bapak bupati, semoga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kampung kita. Sebagai mana saat ini Surau untuk Hafizt qur'an maupun Rumah Gadang, kami ucapkan terimakasih kepada Bupati yang telah menyempatkan hadir," ujar Amrizal.

Sebelumnya Bupati Eka Putra sampaikan, jadikan Surau tempat menghafal Al-Qur'an, anak-anak kita agar mereka bisa membentengi diri dikemudian hari, semoga di Tanjung Barulak lahir anak-anak Hafizt satu rumah satu Hafizt.

"Kita beharap dengan selesainya Rumah Gadang Kampung Melayu Jorong Padang Data ini, semoga bermanfaat bagi kaum adat dan anak-anak muda di Nagari Tanjung Barulak, agar mereka mengetahui sisilah adat di Ranah Minang Kabau Petatah Petitih dan kegiatan lainnya seperti Alua Pasambahan," harap Bupati.

Nampak hadir Camat Tanjung Emas Zulkifli Idris, Dandramil Tanjung Emas, Kapolsek Tanjung Emas, Pj. Wali Nagari Tanjung Barulak Iqbal, S.STP, Ninik Mamak Bundo Kanduang, Pemuka masyarakat serta undangan lainnya (007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top