Payakumbuh, SUMATRALINE — Akhirnya Musrenbang di kelurahan Nunang Dayabangun (NDB) telah usai dilangsungkan. Ada sebanyak sepuluh usulan untuk dirangkum dan disepakati bersama yang dimasukkan ke dalam daftar skala prioritas.

Berlangsung di aula kantor lurah NDB, Selasa (18/1) Musrenbang dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura bersama dengan dua anggota DPRD lainnya yakni Sri Joko Purwanto dan Yernita.

Menurut agendanya, Musrenbang kelurahan NDB akan diikuti oleh empat orang Wakil rakyat, namun atas komunikasi langsung dengan Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, beliau sedang dalam perjalanan menuju luar daerah dalam rangka tugas. Namun beliau berpesan kepada kami akan siap selalu menyampaikan aspirasi kepada pemerintah,” ungkap lurah NDB Ari Ashadi sebelum acara berlangsung.

Dibuka Camat Payakumbuh Barat yang diwakili Sekretaris Zailendra menyampaikan selamat kepada seluruh perangkat Nunang Dayabangun yang telah mengikuti proses musyawarah ini dari mulai tingkat RT/RW sampai ke tingkat kelurahan.

Zai sapaan akrab Sekretaris Camat Payakumbuh Barat itu mengatakan jika tujuan Musrenbang diselenggarakannya yakni untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan daerah, terutama saat ini di wilayah kelurahan Nunang Dayabangun.

“Jadi, Musrenbang tingkat kelurahan ini merupakan sebuah forum musyawarah tahunan RT/RW beserta tokoh masyarakat kelurahan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Kelurahan (RKP) untuk tahun anggaran 2023,” kata Zai.

Dilanjutkannya, atas dari kegiatan ini maka seluruh yang diundang ikut serta disini ialah perangkat RT/RW, Karang Taruna, Kader Kelurahan, PKK Bundo Kanduang, Alim Ulama Cadiak pandai Suluah bendang dalam nagari Kepsek SDN 58 dan tokoh masyarakat kelurahan NDB,” ujar Zai. 

Atas apa yang disampaikan oleh Zailendra tersebut, Lurah Ari Ashadi bersama Ketua LPM Fahman Rizal Lubis berikan apresiasi atas pernyataannya.

Senada dengan Zailendra, Lurah Ari Ashadi dalam sambutan mengatakan Musrenbang ini ialah wadah bagi RT/RW dan Tokoh masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan masukan untuk rencana kegiatan pembangunan di tingkat kelurahan pada penyelenggaraan tahun 2023.

“Alhamdulillah Kelurahan Nunang Dayabangun tahun 2022 ini mendapatkan bantuan  pembangunan dari beberapa anggota DPRD Kota Payakumbuh, sebut saja Hamdi Agus Ketua DPRD, Wulan Denura Wakil Ketua DPRD, Suparman Anggota DPRD, Sri Joko Purwanto Anggota DPRD Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Adapun atas sepuluh usulan yang didapati dalam Musrenbang kelurahan NDB ini yakni ;

  1. Perbaikan jalan lingkar RT 01 RW 05 

   2.   Perbaikan Drainase di RW 01 RW 02 dan RW 03

  1. Pembuatan pagar pembatas jalan RW 04
  2. Pemasangan lampu PJU
  3. Perbaikan jalan RW 04
  4. Perbaikan jalan di RW 02


“Dimana di tingkat RW sendiri adanya dua buah usulan masukan yang kami terima terhadap pembangunan di tahun 2023 mendatang,” ungkap Ari.


Diakhir penyampaiannya, Lurah NDB itu sampaikan ucapan Trimakasih kepada seluruh wakil rakyat yang telah turut hadir langsung baik secara materil maupun inmateril dalam musrebang NDB, atas nama lurah, LPM, RT/RW dan masyarakat NDB kami ucapkan terima kasih kepada bapak ibu dewan yang telah memberikan sumbangsih nya terhadap kemajuan dan pembangunan melalui kegiatan Pokok pikiran (pokir) di Kelurahan Nunang Dayabangun,” tutur Ari.

Sementara itu, Fahman Rizal menyambung atas apa yang disampaikan oleh Lurah NDB, ini baru usulan yang akan dilakukan pembahasan berjenjang dan bertingkat yang di mulai dari tingkat paling bawah RT/RW lanjut ke Musrenbang tingkat kelurahan Nunang Dayabangun seterusnya naik ke Kecamatan dan Kota Payakumbuh.

“Jadi akan ada beberapa tahapan yang harus di lalui hingga sampai tahap akhir pleno tingkat kota Payakumbuh. Dan sekali lagi kami sampaikan bahwa kegitan Musrenbang ini sifatnya hanya sebuah usulan dan menympaikan aspirasi serta masukan untuk kebaikan dan kemajuan kita bersama disini,” tukas Ketua LPM NDB tersebut mengakhiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top