Payakumbuh, SUMATRALINE — Walikota Payakumbuh Riza Falepi langsung serahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Payakumbuh. Kegiatan amal yang berlangsung di aula kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kota Payakumbuh itu merupakan penyerahan beasiswa bagi mahasiswa warga kota Payakumbuh.

Dengan mengusung program “Payakumbuh pintar” BAZNAS kota Payakumbuh serahkan beasiswa untuk 100 (seratus) orang mahasiswa warga kota Payakumbuh yang ber-kuliah di seluruh wilayah Indonesia, kegiatan penyerahan bantuan beasiswa juga turut dihadiri oleh asisten III bidang administrasi umum Amriul Dt. Karayiang, staf ahli walikota bidang pemerintahan dan kesra Elvi Jaya, Kepala Bagian Kesra Setdako Irwan Suwandi, dan seluruh Camat se-kota Payakumbuh. 

Diawal sambutannya, walikota Riza Falepi sangat mengapresiasi atas kegitan yang dilaksanakan oleh BAZNAS kota Payakumbuh, hal ini sejalan dengan visi kota Payakumbuh untuk mencerdaskan dan melahirkan kader generasi pintar kota Payakumbuh,” kata Riza bahagia, Senin (21/2).

Diungkapkan oleh walikota dua periode itu bahwa wajah masa depan kota Payakumbuh  ada pada pemuda-pemudinya, yang terus belajar dan berkreasi dalam melahirkan inovasi-inovasi baru.

“Kolaborasi Pemko Payakumbuh dengan Baznas kota Payakumbuh dalam membangun generasi muda memiliki tujuan agar kualitas sumber daya manusia Payakumbuh semakin meningkat sehingga bisa bersaing di dunia internasional," ucap Riza.

Selanjutnya, Riza berharap kepada para penerima bantuan biaya pendidikan agar untuk terus belajar dan menggali potensi diri sehingga dapat memberikan manfaat kepada yang lain.

“Kalian ialah harapan bangsa, penerus pembangunan peradaban, tidak hanya Indonesia melainkan peradaban dunia. Kepada kalian dititipkan harapan setinggi-tingginya bagi kebermanfaatan sesama manusia," kata Riza.

Ditambahkannya, Pemko Payakumbuh berharap dengan membesarnya realisasi penerimaan zakat di Baznas kota payakumbuh nantinya, maka alokasi untuk pendistribusian di bidang bantuan pendidikan terus ditingkatkan mulai dari bantuan pendidikan Sekolah Dasar, SLTP, SLTA hingga ke Perguruan Tinggi dari kalangan masyarakat dhuafa yang memenuhi ketentuan Mustahik Zakat,

“Semoga nantinya BAZNAS KOTA PAYAKUMBUH juga ikut dapat membantu masyarakat yang hari ini giat dalam bidang pendidikan keagamaan khususnya Tahfizh alquran yang sejalan dengan visi ke agamaan di kota Payakumbuh untuk kita bina dan dibantu,” harapnya.

Dipenghujung sambutannya Riza tidak bosannya sampaikan harapan terhadap BAZNAS kit Payakumbuh agar BAZNAS Kota Payakumbuh terus dapat melahirkan Program-program Pemberdayaan selain dibidang Pendidikan yaitu Program unggulan lainnya untuk masyarakat Payakumbuh yang terukur dan berlanjut sehingga ikut dalam menuntaskan kemiskinan dan mencerdaskan masyarakat luas

Sementara itu, ketua BAZNAS kota Payakumbuh Andi Sofyan, LC, M. Sy ungkapkan rasa syukur atas kegiatan yang digelar kerjasama dengan Pemko Payakumbuh ini, dimana setelah diserahkannya amanat bagi kami seluruh pengurus BAZNAS kota Payakumbuh untuk periode 2021-2026 pada bulan Desember 2021 kemaren kami langsung dapat bergerak untuk membantu dan meringankan serta mendukung program pemerintah kota Payakumbuh untuk kemashalatan warga kota Payakumbuh kedepannya,” ungkap Andi.

Andi berharap kepada para penerima Bantuan Program Payakumbuh Pintar agar bisa mempergunakan bantuan tersebut untuk meningkatkan prestasi belajar, agar kelak kalian menjadi para pemimpin, para enterpreuner dan orang -orang yang terus berguna bagi Agama nusa dan bangsa.

Disampaikan Andi bahwa penerima bantuan beasiswa ini merupakan mereka yang termasuk kedalam asnaf 8 serta fakir atau miskin. 

“Adapun untuk jumlah total bantuan beasiswa yang diserahkan kali ini berjumlah 103.015.000. Dan akan dibagi untuk mereka para mahasiswa yang menempuh pendidikan S2 mendapatkan 2 juta, untuk S1 yang kuliahnya di wilayah sumbar menerima 1 juta, dan mahasiswa yang kuliah nya di luar wilayah Sumbar menerima 1,5 juta rupiah,” ungkap Andi.

Tidak lupa, ketua BAZNAS kota Payakumbuh turut menyampaikan jika di bulan RAMADHAN yang akan datang nanti juga kembali BAZNAS kota Payakumbuh akan menyerahkan bantuan komsumtif untuk 1000 orang warga kota Payakumbuh.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top