Padang-sumateraline.com- Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI menggelar kegiatan rutin Pray From Home melangitkan doa untuk kesehatan dan keselamatan bangsa dari musibah wabah. Pelaksana kegiatan ini unit eselon I dan Kanwil Kemenag se Indonesia secara bergantian setiap Kamis malam.

Malam ini, Kamis (3/2) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi bersama Kabag TU, H. Irwan, Kepala Bidang dan Pembimas berkesempatan melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan yang dilaksanakan secera virtual ini diikuti seluruh jajaran Kementerian Agama Sumatra Barat,  Kakan Kemenag, Madrasah, KUA, penyuluh, penghulu dan tokoh lintas agama.

Pada kesempatan itu, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama RI diwakili Inspektur Wilayah II, H. Kusoy mengingatkan jajaran Kementerian Agama untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Karena wabah covid 19 terus meningkat. Ia juga mengajak jajarannya untuk melangitkan doa dan menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M plus vaksin dan doa.

“Ini harus terus kita perjuangkan, jangan lengah sampai ke tingkat daerahpun. Kehadiran kita ini tentu ingin memanjatkan doa. Seluruh tokoh masyarakat dan tokoh agama, bagaimana kita terus melangitkan doa sehingga kita selalu dijaga kesehatan dan selalu ingin terus bekerja bermutu ditengah keprihantinan ini,” ungkap Kusoy mengingatkan.

“Kita tidak akan berhenti, tidak lantas kita menjadi mundur karena persoalan wabah ini tetapi dengan adanya musibah ini tentu kita harus lebih bersemangat. Kita sebagai santri abadi yang manut pada kiyai tentu harus terus bergandeng tangan dengan mereka,” imbuhnya.

Dikatakan Kusoy, dengan bersama memanjatkan doa untuk kesembuhan semoga wabah di Indonesia segera kembali diambil oleh yang punya. Dari kegiatan semoga kita diberi kesehatan, kesejahteraan dan terhindar dari wabah.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatra Barat, H. Helmi mengucapkan terima kasih kepada Irjen Kemenag RI yang telah mempercayai Kemenag Sumbar untuk melaksanakan kegiatan yang luar biasa ini.

“Mudah-mudahan dengan melangitkan doa bersama ini kita dan seluruh masyarakat Indonesia tertap diberi kesehatan dan musibah wabah ini cepat berlalu. Sehingga kita dapat menjalankan kehidupan ini sebagaimana mestinya,” ungkap Kakanwil

Disampaikan Kakanwil bahwa program moderasi beragama dan Kerukunan Umat Beragama di Sumatera Barat berjalan dengan baik dan lancar.  Rukun dan harmonis baik intern umat beragama maupun antar umat beragama. Sehingga masing-masing umat beragama dapat menjalankan ajaran agamanya dengan baik dan maksimal.

“Mudahan dengan semangat rukun dan harmonis baik intern umat beragama maupun antar umat beragama akan mengantarkan bangsa ini semakin kuat dan tegar dalam menghadapi cobaan,” harap H. Helmi

Dikatakan Doktor Helmi, berusaha dan berdoa adalah dua perintah Allah Swt yang harus terus kita lakukan dalam hidup ini, utamanya sekali dalam melenyapkan wabah covid-19.

“Oleh karena itu, pada malam ini, kita berkumpul dalam satu majelis zikir dan berdoa untuk memperkuat berbagai usaha yang telah dan akan terus kita lakukan. Meski masing-masing kita terpisah tempat, namun seyogyanya hati dan bathin kita berada dalam satu majelis, majelis yang akan mengantarkan bangsa ini semakin kuat dan tegar dalam menghadapi cobaan,” pungkas Kakanwil.

Pray From Home Melangitkan Doa untuk Kesehatan dan Keselamatan Bangsa dari Wabah ini menghadirkan penceramah Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Prof. Dr. H. Duski Samad, MA. Sementara untuk Doa (Islam) dipimpin Ketua FK PAI, Syaifuddin Zuhri dan Tokoh Lintas Agama, RinaRisna.(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top