Tanah Datar-sumateraline.com (12/02-2022)

Bupati Tanah Datar Eka Putra penuhi undangan kelompok untuk melihat Petani Panen Cabe hasil dari Pupuk Organik Cair atau Kompos di Jorong Patar Nagari Batu Bulek kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar Sabtu (12/02).

Di kesempatan ini Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM menyampaikan,  kehadirannya di panen Cabe atas permintaan kelompok untuk menyaksikan Petani panen Cabe. Karena petani telah mencoba memberikan pupuk organik cair atau Kompos kepada tanaman cabe, ini juga bisa solusi untuk mengatasi kekurangan pupuk.

Kami datang bersama Asisten 2 Kabid penyuluhan dan Kadis Pertanian melihat panen Cabe, sebelumnya kita juga sudah penen Cabe di Kecamatan X Koto, saya melihat pohon Cabe berbeda dengan yang di X Koto sana, setelah saya bertanya kepada petani ternyata mereka memakai pupuk organik cair.

Pupuk ini pemakaiannya hemat tentu masuk dalam 10 program unggulan kami salah satunya di pertanian,
yang pertama bajak gratis, kedua asuransi taman padi, ternak, yang ke tiga perbaikan irigasi dan yang ke empat menigkatkan subsidi pupuk, tadi disini kami melihat petani memakai pupuk organik cair ini.

"Mudah-mudahan tujuan dan niat kami, saat petani bertanam kosnya murah, ketika mereka panen bisa untung dan bisa meningkatkan kesejahteraan petani di Tanah Datar, tentu mereka semua banyak yang memakai pupuk," ujar Bupati.

Kesimpulannya dalam hal ini kita pelajari dulu resiko dan mamfaatnya, kita tingkatkan kajian-kajiannya, untuk mengunakan pupuk ini memang hemat hasilnya banyak tentu kami di pemerintah daerah tertarik. Jadi kalau pupuk ini bisa dipakai tentu kita tidak ada mendengar petani mengeluh dengan kelangkaan pupuk, pemerintah daerah telah menambah subsidi pupuk akan lebih bagus kalau dibantu dengan pupuk cair ini.

Nanti kami bersama dengan dinas pertanian asisten 2 sekda dan anggota DPRD akan mengkaji pupuk organik cair ini. Harapan saya yang selama ini saya idam-idamkan bagai mana kos petani itu rendah dibantu subsidi bajak gratis padi dan jagung, subsidi pupuk kalau kosnya rendah petani kita panen akan tetap untung, ucap Eka Putra.

Risky, salah seorang petani mengatakan, manfaat dari pupuk organik cair atau Kompos telah satu tahun mencoba memakai pupuk ini belum nampak efek sampingnya ke semua tanaman. Saya coba ke tanaman cabe seperti yang kita lihat sekarang hasilnya, buah lebat batang kuat kebal terhadap hama, pupuk ini sangat membantu kami para petani.

Kita sudah mencoba memberikan pupuk ini ke tanaman padi, tomat, jagung dengan modal sedikit hasil sangat memuaskan, padi subur buah banyak tidak gampang rebah di tiup angin.

"Pupuk Organik Cair ini juga membantu merangsang bunga pertumbuhannya tinggi buah lebat, tahan pirus, sangat membantu kami para petani hasil memuaskan sekali, kalau sudah panen sekali akan panen terus tanaman tidak gampang mati," tutupnya.

Nampak hadir Asisten 2  Asisten perekonomian dan pembangunan Abdul Hakim, SH, Kadis Pertanian Yulfiardi, Wali Nagari, serta Petani Kecamatan Lintau Buo Utara.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top