Tanah Datar-sumateraline.com (15/02-2021)

Bupati Tanah Datar Eka Putra, bersama dengan rombongan di sambut tari gelombang, Sangar Tari Puti Maniek Baririk, saat meresmikan Pasar Rakyat Sumanik Balai Okoak di Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar Selasa (15/02).

Sangar tari menyambut tamu kehormatan orang nomor 1 di Tanah Datar Bupati Eka Putra dengan tari gelombang, senyum keramahan masyarakat Nagari Sumanik yang anggun memakai Batik Tanah Liek asli buatan masyarakat Nagari Sumanik.

Pasar ini mulai dibangun pada Desember 2021 lalu berkat kerjasama dengan Kementerian Perdagangan RI dan Dinas Koperindag Kabupaten Tanah Datar melalui Dana tugas Pembantuan tahun 2021 anggaran sebesar 3,4 milyar lebih.


Dikesempatan itu Wali Nagari Sumanik, Irama Yandi menyampaikan ucapkan terimakasih atas pelaksanaan revitalisasi pasar nagari Sumanik sehingga menjadi lebih nyaman dan bersih dan segar.

“Ucapkan terimakasih atas revitalisasi pasar Nagari Dumanik yang telah dilaksanakan, ini berawal dari proposal kami pada tahun 2020 yang lalu, dan berkat dukungan dan perjuangan dinas Koperindag serta pak Bupati, program ini akhirnya bisa juga terwujud,” katanya.

“Diharap kedepan pasar ini bermanfaat bagi kita, mari bersama-sama menjaga kebersihan agar pengunjung merasa aman dan nyaman di pasar kita, pasar ini bisa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nagari Sumanik,” sampainya.

Pada waktu yang sama
Kadis Koperindag Tanah Datar Darfizal, S.Pd.M.Si menyampaikan, Pasar Sumanik bisa untuk percontohan bagi daerah lain, berkat di dampingi Kajari Tanah Datar Ninik mamak, tokoh di Nagari pembangunan Pasar selesai sesuai dengan yang dijadwalkan.

"Pasar ini di bangun sebanyak 17 Kios  kapasitasnya 250 orang dilengkapi dengan fasilitas kantor Pasar kantor keamanan Mushola dan WC," ujarnya.

Disambutannya Bupati mengatakan, pasar ini penting bagi masyarakat di Nagari disini tempat pertukaran uang, pemerintah daerah terus berupaya agar pasar nampak indah dan nyaman, pasar ini selalu diidentik dengan ketidak nyamanan berbau becek dan kotor.

Seperti disampaikan kadis Koperindag sebelumnya, Pasar ini sudah di lengkapi dengan Fasilitas yang memadai WC dan musholla, tempat berjualan basah dan kering ada pembatas agar bersih.

"Selama ini pasar basah becek dan bau tidak lagi, itu tugas pemerintah untuk merubah menjadi pasar bersih dan segar. Pasar Nagari Sumanik indah semoga pasar ini menjadi percontohan, harapan kita semua Camat, Wali Nagari, Ninik mamak semua unsur di nagari bersama-sama menjaga Pasar ini," ucap Bupati.

Nampak hadir Bupati Tanah Datar Eka Putra, Asisten 2 Abdul Hakim, Kajari Tanah Datar Hadijono Sidayat, Kapolres Tanah Datar diwakili Kabag Ops Kompol M. Ischak, anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari, Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar Fauzan Sony, Kadis Kominfo Yusrizal, Dandramil, Kapolsek dan perantau Ninik mamak Bundo Kanduang.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top