Tanah Datar-sumateraline.com (14/02-2022)

Mewujudkan Program Bupati Tanah Datar Eka Putra membina seribu orang wirausaha dalam satu tahun, dasar Baznas menyatukan  kegiatan dengan pemerintah daerah. Hal ini dikatakan Ketua Baznas saat Bupati membuka acara pelatihan berbasis Kompetensi 2022 di Nagari Limo Kaum Kecamatan Lama Kaum Kabupaten Tanah Datar Senin (14/02).

Ketua Baznas Tanah Datar, Yasmansyah menyampaikan, program ini sebagai program perdana bagi Baznas, kebetulan Bupati mempunyai target 1000 orang wirausaha dalam 1 tahun, dan kami Baznas punya aturan SK No. 64 tahun 2019 dari Ketua Baznas RI tentang pedoman pelaksanaan pendistribusian Zakat dan pendayagunaan.

"Salah satu poinnya di sana melakukan pendidikan kreatif dan kemiskinan untuk masyarakat miskin di daerah, ini dasar utama sehingga kita singkron kan kegiatan Baznas dengan pemerintah daerah bahwa Bupati mempunyai cita-cita mewujudkan 1000 usaha baru di Tanah Datar," ujar Ketua Baznas.


Tadi di BLK ada 300 termasuk 20 orang dari Baznas, dalam Minggu ini kami akan sampaikan surat kepada pemerintah daerah 500 orang batuan yang akan diberikan dari Baznas, adalah hak dari Bupati dan seluruh SKPD siapa yang akan di usulkan kepada Baznas untuk menerimanya sebanyak 500 orang, jadi kalau seribu wirausaha yang di cita-citakan Bupati satu tahun sudah ada 800 tinggal hanya mencari 200 orang lagi sudah terwujud, sampai Yasmansyah.

Kadis PMTSPNAKER Zarratul khairi, SE.MT mengatakan, kegiatan ini, sebagai upaya serius pemerintah Tanah Datar agar peserta mengikuti keterampilan kecakapan hidup untuk memasuki lapangan kerja atau membuka usaha, dan yang akan menjadi cikal bakal nantinya sebagai wirausaha baru untuk mendukung program unggulan pemerintah Tanah Datar.

"Pelaksanaan kegiatan ini dibiayai oleh APBD Kabupaten Tanah Datar tahun 2022 melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMTSPNAKER) dan Dana APBN tahun 2022 Kementerian tenaga kerja pembinaan pelatihan Vokasi dan Profesi Balai latihan kerja Padang dan BLK Batusangkar serta Dana Baznas Tanah Datar tahun 2022," kata Zarratul Khairi.

Di kesempatan ini Bupati Tanah Datar Eka Putra, meyampaikan, perdana membuka pelatihan berbasis Kompetensi tahun 2022 di BLK, saya selama ini belum pernah hadir disini, makanya saya bawa semua salah satunya Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Asisten 1, Asisten 2 Karen baru perdana juga ikut setelah dilantik 2 hari kemaren.

"Artinya ada program unggulan kami disini yakitu seribu usaha baru dalam satu tahun, untuk usaha baru itu harus dilatih dulu seperti yang dilakukan oleh dinas PMTSPNAKER, nanti baru dibantu permodalan dari Koperindag, nantik yang sudah dilatih kalau nilainya jelek tidak sungguh-sungguh tidak dibantu, untuk itu saya tekankan bagi yang ikut latihan agar seriuslah mengikuti pelatihan ini," ucap Bupati Eka Putra.

Nampak hadir Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.MM, Ketua TP-PKK Kabupaten Ny. Lise Eka Putra. Asisten 1 Yulizar, Asisten 2 Abdul Hakim, Kepala BLK Padang diwakili, Kadis PMTSPNAKER Zarratul Khairi serta kasi, Kadis Pertanian Yulfiardi,  Kadis Parpora, Kadis Kominfo Yusrizal, Kabag Prokopim Dedi, Camat Lima Kaum, Wali Nagari Lama Kaum.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top