Payakumbuh, SUMATRALINE — Berkunjung ke Balai Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Ompek, Lurah Nunang Daya Bangun (NDB) bersama rombongan ditrima langsung oleh ketua KAN YE. Dt. Penghulu Rajo Nan Itam, Selasa (15/3).

Adapun rombongan yang diboyong oleh Lurah NDB Ari Ashadi yakni ketua LPM Fahman Rizal, Ketua pengurus Masjid Makmur NDB Yonaldi, Indra dan Zul Aini yang juga merupakan perwakilan tokoh masyarakat di Kelurahan NDB.

Selain untuk agenda tersebut, Lurah NDB Ari Ashadi juga mengagendakan beberapa kegiatan yang akan didiskusikan bersama rombongan yang salah satunya berkaitan dengan rencana pemanfaatan dan rehabilitasi balai yang berada di kelurahan Nunang Daya Bangun yakni Balai Janggi.

Dengan mengucapkan terima kasih, Ketua LPM NDB Fahman Rizal mengawali kata pengantar kepada ketua KAN Koto Nan Ompek YE. Dt. Penghulu Rajo Nan Itam bersama pengurus.

“Selaku LPM yang didahulukan selangkah ditinggikan seranting tentu kami perlu nasehat dan bimbingan dari Tokoh tokoh ataupun pemangku adat yang ada di lingkungan sekitar maupun Nagari Koto Nan Ompek,” ucap Fahman.

Sementara Lurah Ari Ashadi dalam penyampaiannya mengatakan jika kedatangan bersama LPM dan Juga para tokoh masyarakat NDB sebagai bentuk rasa hormat dan apresiasi yang tinggi terhadap ketua dan pengurus KAN Koto Nan Ompek.

“Sejak dahulu kami sudah berniat akan datang berkunjung ke Rumah Gadang Nagari Koto Nan Ompek ini, namun baru hari ini terlaksana,” ucap Ari bahagia.

Ari juga menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya bersama LPM dan para tokoh dalam rangka berdiskusi dan mohon petunjuk dari Ketua KAN berkaitan dengan adanya rencana perbaikan sarana dan prasarana balai adat yang berada di Kelurahan NDB.

Disampaikan Lurah Ari, bahwasanya ia bersama LPM ditemui oleh salah seorang Tokoh masyarakat Zul Aini yang menyampaikan kabar akan diberikan bantuan pembangunan yang lebih maju untuk NDB melalui anggaran pokir salah seorang anggota DPRD Kota Payakumbuh  dapil 1 yakni Ahmad Zifal.

Dalam diskusi yang cukup panjang tersebut, Lurah Ari bersama Zul Aini saling tukar pendapat berkaitan dengan akan dikemanakan pemanfaatan bantuan tersebut. Dan setelah diskusi berlangsung, maka mereka menyepakati bantuan diperuntukkan untuk merehab bangunan balai yang memang sudah lama berdiri.

“Sebagai lurah tentu saya tidak punya kuasa akan hal ini, dan karna hal inilah kami melewakan berita ini ke berbagai tokoh yang tentu lebih tahu seluk beluk akan keberlangsungan balai ini. Dan berangkat dari ini jugalah akhirnya kami sepakati bersama untuk segera menemui Ketua KAN sebagai Lembaga Tertinggi dalam adat Koto Nan Ompek,” Ucap Lurah Ari Ashadi.

Atas tujuan dari kedatangan Lurah NDB bersama rombongan ke KAN Koto Nan Ompek, Ketua KAN Koto Nan Ompek YE. Dt. Penghulu Rajo Nan Itam bersama pengurus sangat senang dan menyambut baik itikad atas niat baik dari Lurah beserta LPM dan tokoh masyarakat NDB tersebut.

“Ini tentu merupakan sebuah sejarah bagi kita semua,” ungkap Ketua KAN Koto Nan Ompek YE. Dt. Penghulu Rajo Nan Itam bersama pengurus.

Menurut ketua KAN Koto Nan Ompek itu tentu ada yang perlu disampaikan terkait dengan pelaksanaan perbaikan balai janggi tersebut, dan ketua KAN Koto Nan Ompek itu sampaikan sedikit cerita sejarah berdirinya balai janggi di NDB.

Sebelum diskusi ditutup, ketua LPM Fahman mengucapkan terima kasih kembali atas pencerahan yang telah disampaikan oleh Ketua KAN Koto Nan Ompek YE. Dt. Penghulu Rajo Nan Itam bersama pengurus terhadap rombongan dari kelurahan NDB. Harapannya tentu balai Janggi dapat segera terealisasi, dan sinergi dan silaturahim ini akan selalu terjaga sampai tiba masanya,” tutup ketua LPM NDB itu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top