Payakumbuh, SUMATRALINE — Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Payakumbuh Periode 2021-2026 dilantik oleh Ketua KORMI Sumatera Barat Aristo Munandar di Gedung BIB Peternakan, Rabu (30/3).

SK dari Ketua KORMI Yendri Bodra Dt. Parmato Alam dan jajarannya itu dibacakan oleh Sekretaris KORMI Sumatera Barat Yanuar disaksikan oleh Wakil Wali Kota Erwin Yunaz dan Unsur Forkopimda serta Ketua KONI Kota Payakumbuh.

Ketua Pelaksana Jhonrizal dalam sambutannya menyampaikan KORMI adalah organisasi yang memfasilitasi dan menaungi olahraga rekreasi di masyarakat. Cukup banyak cabang olahraga yang ada di KORMI, di tingkat nasional saat ini ada 56 cabor, di Kota Payakumbuh sudah ada 18 cabor.

“Kedepan jumlahnya akan terus meningkat. Kendati demikian dengan adanya KORMI takkan menimbulkan gesekan dengan KONI karena fungsi dan perannya berbeda, kita akan bersinergi dengan KONI demi kebugaran dan kesehatan masyarakat Kota Payakumbuh. Setelah ini akan disusun program kerja Pengurus KORMI yang sudah setahun mengantongi SK,” terangnya.

Ketua KORMI Kota Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam menyampaikan apresiasi kepada pengurus KORMI Sumbar, stake holder terkait, serta pengurus KORMI yang dilantik hari ini atas dukungannya sehingga telah sukses menggelar pelantikan yang sempat tertunda 1 tahun ini.

Pihaknya berharap KORMI bisa bersinergi dengan seluruh pihak untuk mendapatkan bibit-bibit atlet agar bisa mengikuti event FORNAS yang akan diselenggarakan di Sumatera Selatan pada pertengahan tahun 2022 ini.

“Dalam waktu dekat ini kami akan membentuk induk-induk organisasi di bawah naungan KORMI, serta bersinergi dengan KONI, karena KORMI bidangnya rekreasi, KONI bidangnya prestasi, untuk menggaungkan semangat olahraga di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KORMI Provinsi Sumatera Barat Aristo Munandar mengucapkan selamat kepada Pengurus KORMI Kota Payakumbuh yang telah dilantik.  Dia mengatakan akan ada tugas berat yang sudah menanti pengurus KORMI Kota Payakumbuh yang baru dilantik. Pada era sekarang ini sudah banyak masyarakat khususnya anak-anak dan remaja yang tidak mengetahui permainan tradisional, ini dikarenakan mereka menyibukkan diri dengan gadget masing-masing.

“Masih ada orang tua yang takut anaknya menjadi kotor, ini menjadi salah satu tugas berat KORMI bagaimana memasyarakatkan lagi permainan tradisional, mungkin dapat dilihat dari tingkat SD, sehingga anak-anak sudah terbiasa dengan bergerak dan bugar di usia dini. Saya berharap ada permainan tradisional yang dimiliki setiap daerah dan akan kita angkat ke tingkat nasional yang memiliki kearifan lokal,” ujarnya.

Dari sisi Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menyampaikan pendampingan pemerintah daerah kepada KORMI dilaksanakan melalui dinas terkait. Apabila pembinaan dilakukan dengan baik, maka kebugaran akan terlihat dengan sendirinya.

“Dengan pelantikan KORMI hari ini, resmi menjadi bagian kegiatan olahraga di Kota Payakumbuh,” ujar Erwin.

Ditambahkan Erwin, pembinaan di periode yang akan datang diharapkan bisa lebih baik lagi, karena Kota Payakumbuh bergerak menjadi kota tujuan, sebagai tuan rumah berbenah dan memberi evaluasi yang baik.

“Apabila daerah menjadi kunjungan wisata, tentu ada kegiatan yang mengiringi. Kalau sepi-sepi saja takkan memberi manfaat banyak dari kegiatan kepariwisataan. Apalagi iven olahraga ini mendatangkan banyak orang dan pengunjung,” kata Erwin.

Erwin menambahkan, kegiatan dengan konsep dan sinergi baik akan memberikan dampak besar, wujudnya adalah kegiatan di Cabor yang berada dalam naungan KONI dan KORMI dikuatkan lagi, sehingga banyak kegiatan di masyarakat. (Rel/MS)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top