Tanah Datar-sumateraline.com (30/03-2022)

Sebanyak enam puluh orang masyarakat Nagari Parambahan mengikuti Pelatihan cara memandikan Jenazah,  mengafani simayat agar ada generasi baru di setiap suku, karena selama ini disetiap suku tidak beberapa orang yang mengerti cara memandikan Jenazah. 

Hal ini dikatakan H. Roby Yasdi Wali Nagari Parambahan saat menyaksikan masyarakat yang mengikuti pelatihan tersebut di halaman Kantor Wali Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Rabu (30/03).

Roby Yasdi, mengatakan dengan adanya pelatihan ini akan tumbuh generasi baru agar bisa membantu yang sudah lama untuk memandikan Jenazah. Karena selama ini kalau ada yang meninggal dunia agak lama menunggu orang yang akan memandikan Jenazah kadang kala yang bersangkutan lagi sibuk tidak ada dirumah, terpaksa kita memakai jasa orang dari suku lain untuk memandikan Jenazah. 

"Yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 60 orang terdiri dari 15 suku yang ada di Nagari Parambahan, setiap suku pesertanya 4 orang Laki-laki 2 Prempuan 2. Kita bersyukur dan ucapan terimakasih kepada Deby Syafrianda ketua Yayasan Sosial dan Pendidikan Ar-Razzaq yang telah mengadakan  pelatihan penyelenggaraan Jenazah ini mudah-mudahan masyarakat terbantu,"kata Wali Nagari Parambahan. 

Deby Syafrianda pada kesempatannya menyampaikan pelatihan penyelenggaraan Jenazah sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, selama ini generasi penerus untuk memandikan Jenazah di Nagari nampaknya tidak ada yang mau mempelajar, atau kurangnya pengetahuan tentang penyelenggaraan Jenazah ini. 

Untuk itu kita bersama Ust. Feri Ahmad Marlion, M.A dan Ust. H. M Yasin mengajak masyarakat untuk ikut melaksanakan kegiatan ini, karena untuk melakukan kegiatan Jenazah ini berhubungan dengan agama. Nantinya setiap suku di Nagari sudah ada yang membantu  untuk penyelenggara Jenazah ini, semoga bermanfaat untuk kita semua,"ujar Deby.

Sementara itu Ust. Feri Ahmad Marlion, mengatakan menciptakan generator Islam Nagari Perambahan, bahwa pentingnya mempelajari cara memandikan Jenazah, mengafani simayat dan cara membuat baju simayat dengan mudah dan Praktis. 

Kita bersama Ust. H. M Yasin mengucapkan terimakasih kepada Ketua Yayasan Sosial dan Wali Nagari Parambahan yang telah mengundang kami untuk melakukan pelatihan ini, agar masyarakat bisa melaksanakan cara memandikan Jenazah, karena ini berhubungan dengan agama agar tidak salah dalam melaksanakannya,"kata Ustad. Feri Ahmad. 

Hadir di acara tersebut Ketua Yayasan Sosial dan Pendidika Deby Syarianda, Wali Nagari Parambahan H. Roby Yasdi, Ust. Feri Ahmad Marlion, Ust. H. M Yasin, perangkat Nagari serta Pak Jorong. (007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top