Payakumbuh, SUMATRALINE — Rencana pembangunan kampus Universitas Negeri Padang (UNP) di Payakumbuh tampaknya sebentar lagi akan segera terwujud. Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor UNP Prof. Ganefri saat berkunjung ke Balai Kota Payakumbuh, Rabu (09/03).

"Insya Allah, tahun 2022 ini sebelum masa jabatan Pak Riza berakhir kita akan melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kampus Universitas Negeri Padang (UNP) di Payakumbuh," katanya kepada media.

Ganefri mengungkapkan, saat ini UNP merupakan universitas terbesar di Sumatera. Dengan jumlah mahasiswa 46ribu orang. Dimana kebanyakan mahasiswanya berasal dari Luak Limo Puluah. Dan alangkah baiknya pembangunan kampus UNP di Payakumbuh ini bisa dipercepat.

"Tentu ini sebuah keuntungan bagi kita, nantinya anak-anak kita disekitar Luak Limo Puluah ini bisa berkuliah disini. Makanya kita mohonkan dukungan dari masyarakat agar kampus UNP ini secepatnya bisa berdiri di Padang Kaduduak," ucapnya.

Putra Lua Limo Puluah ini juga menyebut, dari 11ribu mahasiswa yang diterima setiap tahunnya, 2.200 diantaranya, UNP memberikan beasiswa untuk mahasiswa yang kemampuan ekonominya kurang baik tapi memiliki prestasi akademik yang bagus.

"Jadi tidak ada alasan lagi bagi anak kemenakan kita untuk tidak melanjutkan sekolahnya. Selain kuliah gratis pemerintah juga memberikan biaya hidup sebesar 700ribu perbulannya," ucapnya.

"Mudah-mudahan perjuangan kita untuk memajukan dunia pendidikan di Sumbar ini dipermudah. Dan kita juga memohonkan dukungan dari semua pihak untuk kelancarannya," tukuknya.

Sementara itu Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengucapkan terimakasih kepada Rektor UNP Prof. Ganefri atas niat baiknya untuk membangun kampus UNP di Payakumbuh.

"Kami atas nama pemerintah daerah sangat menyambut baik dan mendukung serta berterimakasih sekali atas niat dari Pak Rektor untuk mendirikan kampus UNP di Payakumbuh ini," kata Wako Riza Falepi.

"Tentu dengan berdirinya kampus ini akan sangat dinanti oleh masyarakat kita. Apalagi UNP juga memberikan beasiswa kepada masyarakat yang ekonominya lemah. Dan ini akan samgat membantu sekali nantinya," tambahnya lagi.

Wako menyebut, di kampus UNP Payakumbuh ini nantinya akan ada jurusan kuliner minang. Serta tidak tertutup kemungkinan, akan ada jurusan lainnya untuk mahasiswa yang akan berkuliah di Payakumbuh.

"Harapan kita kalau bisa dikempangkan juga untuk jurusan pariwisatanya. Tapi apapun jurusannya, tentu beliau lebih tau apa yang cocok disini nantinya," ucapnya.

"Mudah-mudahan Allah meridhoi dan mempermudah segalanya, sehingga anak-anak kita bisa secepatnya menikmati kuliah di UNP Payakumbuh ini," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top