Padang-sumateraline.com- Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peranan penting dalam pengelolaan keuangan negara. Peranan tersebut menyangkut keterlibtan SDM tersebut dalam fungsi perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pertanggungjawaban keuangan. Dalam rangka mendukung dan meningkatkan kemampuan SDM dilingkungan BWS Sumatera V Padang, maka dilaksanakanlan kegiatan Sosialisasi IKPA dan SAKTI pada Kamis-Jum’at (7-8/04).

Kepala BWS Sumatera V Padang, Dr. Dian Kamila, ST, MT dalam sambutannya menyebutkan bahwa Aplikasi mengintegrasikan seluruh aplikasi Satker yang ada, dimana seluruh transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik. Pelaksanaan transaksi secara elektronik atau digital merupakan upaya efisiensi, sehingga penting bagi SDM dilingkungan BWS Sumatera V Padang untuk memahami dan ikut serta melaksanakannya. Dengan mendatangkan langsung Narasumber dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Padang, para PP SPM, Bendahara, admin SAKTI  serta admin SAIBA dilingkungan BWS Sumatera V Padang ditempa dengan pengetahuan tentang IKPA 2022, PMK.05/2012, Modul Admin dan Komitmen, Modul Bendahara dan modul pembayaran, serta  materi penginputan capaian output.

Kepala KPPN Padang, Tisari Yona Geumila yang hadir langsung sebagai Narasumber menyebutkan Kementerian PUPR merupakan salah satu Pemegang Anggaran strategis yang memang sangat penting untuk mengetahui update dan pembaharuan terkait SAKTI 2022.

Sejatinya tujuan dilaksanakannya Sosialisasi IKPA dan SAKTI adalah untuk memahami tatacara pelaksanaan anggaran TA 2022, yang kemudian menunjang peningkatan kinerja pelaksana anggaran TA 2022 serta menunjang terciptanya pelaksanaan anggaran yang tertib dan akuntabel. (humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top