Jakarta, SUMATRALINE --- Pemerintah Kota Payakumbuh memboyong 3 penghargaan bergengsi di ajang TOP BUMD Awards 2022. Penghargaan itu diraih oleh Wali Kota Riza Falepi sebagai TOP Pembina BUMD, lalu ada Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Sago Kota Payakumbuh Khairul Ikhwan sebagai Top CEO BUMD, dan terakhir Perumda Tirta Sago yang meraih TOP BUMD 2022 Perumda Bintang 4.

TOP BUMD Awards adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD), yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. TOP BUMD Awards diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah," ujar Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2022, M Lutfi Handayani di Jakarta, Rabu (20/4).

Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi selaku pembina Perumda Tirta Sago mengatakan penghargaan ini menjadi penilaian yang baik di mata masyarakat, bahwa di masa kepemimpinan sebagai wali kota, dirinya telah terwujudkan pelayanan air minum berkualitas, cukup secara kapasitas dan kontiniu dalam pendistribusian.

"Hadiah ini diwujudkan buat masyarakat kami, pelanggan, karyawan, direksi, dan dewan pengawas di Perumda Tirta Sago.  Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk perbaikan dan kemajuan di masa yang akan datang untuk selalu mweujudkan yang terbaik dari SDM, teknis, sarana dan prasarana," kata Riza.

Senada, Direktur Utama Perumda Tirta Sago Khairul Ikhwan menyebut kegiatan pembenahan, perapian dan pengembangan di berbagai lini di Perumda Air Minum Tirta Sago Kota Payakumbuh sejak beberapa tahun lalu rupanya dinilai sebagai prestasi dengan peraihan TOP BUMD Awards dengan ketegori penghargaan TOP Pembina BUMD Awards. 

"Penghargaan tertinggi kepala daerah ini merupakan salah satu prestasi puncak pada tahun 2022 yang dicapai untuk Wali Kota Payakumbuh di bidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)," ulasnya.

Sementara itu, terkait dengan TOP BUMD Awards 2022 ketegori bintang empat yang juga dicapai oleh Perumda Air Minum Tirta Sago sendiri dan untuk ketegori TOP CEO BUMD Awards 2022 yang Dia dapatkan sebagai Direktur Utama perusahaan merupakan pencapaian terbaik perusahaan tahun 2022. Serta juga menjadi kebanggaan bersama bagi karyawan perusahaan dan masyarakat Kota Payakumbuh, khususnya para pelanggan.

"Semenjak dilantik sebagai Direksi Perumda Air Minum Tirta Sago Kota Payakumbuh periode 2020-2025 di Aula Ngalau Indah Lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, Senin, 29 Juni 2020 lalu secara bertahap kami sudah menyelesaikan sebagian tugas yang diamanahkan Wali Kota Riza Falepi sampai dengan mendapatkan penghargaan seperti diuraikan di atas. Penghargaan bergengsi ini merupakan penghargaan hasil kompetisi ribuan BUMD se Indonesia," ungkapnya.

Selaku Direktur Utama, Khairul Ikhwan juga turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mendapatkan penghargaan TOP BUMD Awards 2022 ini untuk yang kedua kalinya dan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa, karena berkat Ketetapan Nya jua lah hal ini bisa terjadi.

"Meski pencapaian anugerah ini bukanlah menjadi cita-cita yang ingin dicari, tapi lebih kepada wujud dari komitmen serta usaha serius dalam melakukan perbaikan dan kemajuan perusahaan di segala bidang. Dan dengan selalu berupaya untuk membangun kolaborasi dan sinergi dari seluruh potensi sumber daya yang dimiliki serta memaksimalkan jalinan kerjasama stakeholder perusahaan yang ada," ujarnya.

Yang terpenting, kata Khairul, adalah keberhasilan ini tidaklah cukup dan bukanlah segalanya apabila tidak terlaksananya nilai dan makna yang terkandung dalam Pasal 33 ayat (3) Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dimana pentingnya kebutuhan akan air bersih bagi seluruh warga negara, maka sangat wajar apabila sektor air bersih mendapatkan prioritas penanganan utama mengingat menyangkut kehidupan (hajat) orang banyak.

"Artinya Perumda Air Minum Tirta Sago Kota Payakumbuh harus mampu memasok air bersih yang cukup ke setiap orang atau rumah yang ada di kota ini (sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku). Ke depannya diharapkan juga bisa memasok air minum ke daerah tetangga. Disamping itu, bersama dengan jajaran direksi, dewan pengawas serta karyawan dituntut mampu memberikan secara optimal Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk kelanjutan pembangunan Kota Payakumbuh di masa yang akan datang," tukuknya.

Khairul juga memaparkan sesuai dengan Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM) Kota Payakumbuh ke depan di setiap jaringan infrastruktur aliran air secara bertahap akan dibenahi, salah satunya adalah dengan penggantian pipa-pipa utama yang sudah puluhan tahun terpakai dengan tujuan untuk menekan angka Non Revenue Water (NRW).

"Sistem administrasi, manajemen SDM serta pelayanan perusahaan terhadap konsumen juga ditingkatkan dengan menggunakan sistem untuk menangani keluhan pelanggan, pemasangan baru, sensor kebocoran, sensor tekanan dan level air, pembacaan meter serta pelayanan informasi lainnya yang telah, sedang dan akan dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Sehingga konsumen memang seperti raja dalam teori ekonominya," tambah Khairul.

"TOP BUMD Awards 2022 sebagai salah satu indikator kesuksesan Perumda Air Minum Tirta Sago, berharap penghargaan seperti ini juga akan selalu didapatkan, karena sudah menjadi komitmen bersama Direksi beserta karyawan dan dewan pengawas dalam mewujudkan usaha perbaikan dan kemajuan perusahaan," pungkasnya.

Penghargaan TOP BUMD Awards 2022 diberikan pada hari rabu, tanggal 20 April 2022 di Hotel Raflles Jakarta. Beberapa kriteria penilaian diantaranya berkaitan dengan achievement (prestasi), improvement (perbaikan), dan contribution (kontribusi) BUMD. Yakni pada apa yang telah dilakukan, kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Kegiatan TOP BUMD Awards, diselenggarakan oleh majalah Top Business bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis. Diantaranya LKN (Lembaga Kajian Nawacita), SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, dan Solusi Kinerja Bisnis.

Selain itu, penyelenggara juga kerjasama dengan kampus, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran Bandung. Para juri adalah 10 profesor, beberapa doktor, serta para praktisi dan konsultan bisnis. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top