Tanah Datar-sumateraline. Com (14/05-2022) 

Bupati Eka Putra bersama Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu hadiri Alek Kapalo Banda ke-113.  Mangamehi Nan Taserak Mangumpuhan Nan Tingga (Merapikan yang berserakan Mengumpulkan yang tinggal) Di SDN 09 Batipuah Baruah Kecamatan Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar  Sumbar Sabtu (14/05) jam 09:00 Wib.
Disambutannya Bupati Eka Putra mungucapakan terimakasih kepada masyarakat Jorong Pincuran Tujuh Nagari Batipuh Baruah yang telah mengundang Bupati hadir dalam acara Syukuran Alek Kapalo Banda. Kalau bisa acara syukuran ini selalu diadakan agar generasi muda kita mengetahui Budaya yang sudah dilakukan oleh orang tua tua kita dahulu. 

Saya atas nama pemerintah mengucapakan terimakasih atas terlaksananya kegitan Alek Kapalo Banda yang di lakukan masyarakat Jorong Pincuran tujuh secara bergonto royong. Tradisi ini perlu diteruskan oleh generasi muda agar adat budaya yang telah diwariskan Nenek moyang kita jangan hilang ditelan masa. 

"Kita Apresiasi masyarakat Jorong Pincuran tujuh atas terlaksananya kegiatan ini yang dilakukan secara bergonto royong. Masih banyak potensi di Nagari yang harus di angkat kembali untuk memajukan Nagari. Sekarang Pemerintah telah meluncurkan Progul Satu Event Nagari, kita bisa membangkitkan kembali budaya kesenian yang ada di Nagari sekaranglah waktunya," Ucap Bupati Eka Putra. 

Pada sambutan itu Rony Mulyadi Dt Bungsu Ketua DPRD Tanah Datar juga sebagai anak Nagari Batipuh mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan dan terimakasih juga kepada masyarakat Nagari Batipuh Baruh yang telah bergoto royong dalam melaksanakan Alek Kapalo Banda ini. 

"Pertahankan terus tradisi Alek Kapalo Banda ini karena 
Acara seperti ini sudah menjadi warisan dari orang tua kita, tradisi ini akan selalu diadakan setiap tahun secara gonto royong, masyarakat harus menjaga kekompakan dalam melakukan segala kegiatan,"ujar Rony Mulyadi. 

Sebelumnya Ketua pelaksana C Datuak Mudo, disambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Eka Putra dan Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu serta Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi yang telah hadir di Jorong Pincuran Tujuh Nagari Baripuh Baruah dalam rangka  kegiatan Alek Kapalo Banda. 

Alek Kapalo Banda ini sudah lama dilakukan turun temurun semenjak tahun 1900 sampai sekarang masih tetap dilaksakan satu tahun sekali, sebagai bentuk syukuran kepada Allah Subhana Wata'allah atas nikmat yang diberikannya. Kami berharap kegiatan ini bisa berlanjut karena ini sudah diwariskan orang tua kita terdahulu.

"Untuk melaksakan Alek Kapalo Banda kami setiap tahun memotong Sapi makan bersama dengan semua unsur yang ada di Nagari, anggaran kegitan Alek ini masyarakat Jorong Pincuran tujuh bergonto royong patungan," kata ketua Pelaksana C. Dt. Mudo. 
 
Hal senada juga di sampaikan oleh Wali Nagari Batipuah Baruah Mulyadi BJ, mengatakan terimakasih kepada Bupati Eka Putra ditengah kesibukan beliau sempatkan untuk hadir di acara Alek kapalo Banda Jorong Pincuran tujuh dan terimakasih juga kepada Kedua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu yang juga sebagai anak Nagari Batipuh Baruh. 

"Kami berharap kepada pemerintah daerah selalu membimbing kami dalam memajukan Nagari. Baik itu Pembangunan di Nagari Pertanian dan Pariwisata, agar Kampung kami tidak ketinggalan dari daerah lain," kata Wali Nagari Batipuh Baruh Mulyadi BJ. 

Hadir saat tersebut Gubernur Sumatera Barat Yang diwakili Kadis Kebudayaan Provinsi Drs. Sayifulah, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt, Bungsu, Forkopinca, Camat Batipuah Baruah Khairunas, Wali Nagari se-Kecamatan Batipuh Baruah, Wali Nagari Mulyadi BJ, Wali Nagari, 
Kapolsek Batipuah Iptu Sudirman, Koramil Batipuah , Ninik mamak Gunuang Rajo, Ninik mamak Baripuah Baruah, Bundo Kanduang, KAN, BPRN, serta undangan lainnya.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top