Tanah Datar-sumateraline. Com (16/05-2022) 

Bupati Tanah Datar Eka Putra semua OPD satu hari penuh berkantor di Nagari, agar memudahkan segala urusan yang berhubungan dengan masyarakat di Jorong Mawar Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar Senin (16/05). 

Di kesempatan itu Bupati Eka Putra menyampaikan, kita berkantor di Nagari agar masyarakat mudah mengurus segala yang bersangkutan dengan pemerintah, karena kita tau masyarakat di Jorong Mawar agak sulit mengurus segala urusan memakan waktu lama ongkos keluarga dari Jorong Mawar ke Kantor Wali Nagari memakai ojek ongkos 50ribu bolak balik, kalau mau mengurus surat penting ke Batusangkar jauh berapa ongkos yang harus sediakan. 

Untuk itu hari ini Bupati Tanah Datar seluruh OPD terkait akan berkantor sehari penuh di Jorong Mawar ini. Jadi apa yang menjadi permasalahan di Nagari yang keluhan oleh masyarakat saatnya untuk menyampaikannya sekarang, itu makanya saya hadirkan semua OPD hari ini. Kami datang lengkap hari ini ada juga tiga orang anggota DPRD Tanah Datar silahkan apa yang akan disampaikan. 

"Karena banyak hal yang disampaikan, termasuk Pasilitas sekolah, jalan, irigasi, Pertanian, kesehatan, bantuan sosial, dan lain lain itu makanya saya hadirkan lengkap semua OPD hari ini," Ucap Bupati Eka Putra. 

Setelah ini kita adakan Audiens tanya jawab apa yang harus kita prioritas untuk pembangunan Nagari, kalaupun selama ini sudah ada yang kita rencanakan untuk pembangunan Nagari akan tetapi tertunda karena anggaran banyak tersedot oleh Covid, Mudah-mudahan tahun 2022-2023 ini bisa kita lanjutkan, ujarnya lagi. 

Sebelumnya Wali Nagari Lubuak Jantan Mukhlis, S.Pd Dt. Rajo Hitam, menyampaikan terimakasih kepada Bupati bersama rombongan yang telah hadir di Jorong Mawar, kedatangan Bupati hari ini akan menjadi obat bagi masyarakat khususnya Nagari Lubuak Jantan. Apa lagi Bupati dengan OPDnya akan berkantor sehari penuh di Nagari kita  hari ini. 

"Saya sebagai Wali Nagari Lubuak Jantan mewakili apa yang akan disampaikan oleh masyarakat kepada bapak Bupati, yaitu pemekaran Nagari dan Jorong, Jalan, Listrik, termasuk Pertanian," kata Wali Nagari. 

Salah salah seorang Ninik mamak Jorong Mawar mengatakan, mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan rombongan yang telah datang ke Jorong Mawar satu dan Jorong Mawar Dua. Kita sekarang berada tepatnya di Mawar satu akan tetapi SDN letaknya di Jorong Mawar Dua, jadi secara Kultural menandakan Mawar satu Mawar dua hanya satu yaitu Jorong Mawar. 

Coba kita lihat kebelakang semenjak tahun 2017 bagai mana perkembangan jumlah penduduk di Nagari Lubuak Jantan, mencapai 10ribu jiwa, lebih kurang 5700 Kepala Keluarga, untuk Mawar satu terdata sampai sekarang seribu empat ratus empat puluh jiwa, jadi jumlah dari dua Jorong tersebut lebih kurang 6000 KK. 

Kalau kita lihat dari data elektronik dari tahun 2018 masih banyak data yang belum masuk di Capil maupun di Nagari ini perlu didata kembali, kita bersama BPRN sudah mencoba berkantor sebulan di Nagari, jangankan ke Kabupaten ke Kantor Wali Nagari saja kewalahan ongkos ojek mahal 50ribu bolak balik kesana jaraknya terlalu jauh. 

"Dasar itulah kami minta ke Nagari untuk melibatkan salah seorang Putra Putri kami dijadikan Staf di Nagari agar mereka bisa membantu apa yang kami butuhkan ke kantor Wali, mereka ditugaskan sehari berkantor di Jorong Mawar semenjak itulah kami agak mudah mengurus apa yang kami perlukan," katanya.

Mengingat pada pelayanan tahun 2019 sudah kita usulkan untuk diadakan pemekaran Nagari, lebih baik kami mempunyai Nagari sendiri karena sulitnya pelayanan di Nagari. Untuk pemekaran ini bagaimana caranya Pak, tambahnya. 

Nampak hadir tiga orang anggota DPRD Tanah Datar, Nurzal, Arianto, Istiqlal, 
Asisten Satu, Kadis PUPR, Kadis Pertanian, Kadis Koperindag, Kadis Pangan Perikanan, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan, Pariwisata, Kadis PMDPPKB, Kadis Sosial, Kadis Kominfo diwakil Kabid Kominfo, Kabag Pemerintaha, Kabag Umum, Kabag Prokopim, Porkopinca Lintau Buo Utara. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top