Tanah Datar-sumateraline. com (17/06-2022) 

Dinas Pertanian, Kepala Dinas Sosial, dan Ketua MUI Tanah Datar melaksanakan Rapat Koordinasi pemotongan hewan korban saat wabah Penyakait Mulut dan KUKU (PMK) dihadiri Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten satu Elizar, SH, 
di aula Kantor Bupati Tanah Datar pada Jum'at (17/06) 
Pada Rakor tersebut, Plt Kepala Dinas Pertanian, Sri Mulyani, menyebutkan, Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular pada hewan berkuku genap (sapi, kerbau, kambing, dan domba). Penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan lepuh di mulut, lidah, gusi, dan kuku. Masa inkubasi dari penyakit ini 1 – 14 hari dengan angka kesakitan (morbiditas) mencapai 100% dan angka kematian (mortalitas) 1 – 5%.

“Kasus pertama positif PMK di Kabupaten Tanah Datar ditemukan pada sapi masyarakat di Bendungan Jorong Bukit Gombak Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum sebanyak 4 ekor, berdasarkan hasil pemeriksaan Balai Veteriner Bukitinggi tanggal 16 Mei 2020,” ucap Sri Mulyani.

Kepada panitia kurban, Sri Mulyani menekankan, meskipun virus PMK tersebut tidak berefek pada manusia, tetapi hindari untuk mengkonsumsi bagian kepala dan kaki jika ada nanti ditemukan gejala PMK pada sapi kurban.

Dalam hal itu Kabid Peternakan, Drh. Varia Warvis, mengatakan, untuk menghindari ketidak khawatiran masyarakat akan mengkonsumsi daging sapi, pihaknya telah melakukan antisipasi dengan melakukan pemeriksaan pada pintu masuk bagi ternak yang akan memasuki di pasar ternak.

“Apabila kami menemukan adanya gejala atau PMK pada ternak yang akan masuk ke pasar ternak, petugas tidak akan membolehkan untuk masuk dan harus dibawa kembali pulang,” ujar Varia Warvis.

Sementara itu, Ketua MUI Tanah Datar, Drs. Masnefi, menyebutkan, dengan adanya virus PMK tersebut, Ia juga menekankan kepada pengurus Mesjid atau panitia kurban untuk tidak terlalu cemas dan ragu. Karena dengan sikap panitia yang terlalu cemas dapat menimbulkan kurangnya minat masyarakat untuk berkurban nantinya.

Nampak hadir di rakor tersebut, Plt Kepala Dinas Pertanian, Sri Mulyani, SP. M.Si, Kepala Dinas Sosial, Afrizon, S.Ag, Kabid Peternakan Drh. Varia Warvis, Ketua MUI Drs. Masnefi, Pengurus Mesjid serta Panitia Pelaksana Kurban, dan MUI se-Kecamatan Tanah Datar. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top