Payakumbuh, SUMATRALINE — Dalam mewujudkan Payakumbuh yang cerdas dan berkarakter, Baznas Payakumbuh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dalam salurkan zakat berupa Beasiswa Payakumbuh Yang Cerdas dan Berkarakter bagi peserta didik baru kelas 1 SD dan kelas 7 SMP negeri di Kota Payakumbuh yang tergolong dalam asnaf yang delapan. 

Bertempat di GOR. Batang Agam Tanjung Pauh, Selasa (19/7) penyaluran beasiswa diserahkan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh bersama Baznas Payakumbuh dalam rangka menyalurkan zakat kepada siswa-siswi peserta didik baru dari SD dan SMP negeri se-Kota Payakumbuh yang telah terdata sebanyak 700 orang peserta dengan aliran dana yang tersalurkan sebanyak Rp. 385.000.000,- dengan rincian siswa SD sebanyak 350 orang dan siswa SMP sebanyak 350 orang, dan dalam penerimaan zakat ini setiap peserta didik SD menerima zakat sebesar Rp. 500.000,-/orang sedangkan peserta didik SMP menerima zakat sebesar Rp. 600.000,-/orang.

Kegiatan dibuka secara meriah dengan mempersembahan tari dari Grup Kesenian Tari SDN 61 Payakumbuh dan Grup Kesenian Tari SMPN 9 Payakumbuh (pemenang FL2SN tingkat SD dan SMP di Kota Payakumbuh).

Penyaluran zakat diserahkan langsung Walikota Payakumbuh Riza Falepi, ST. MT, Kepala Dinas Pendidikan Dr. Dasril, M.Pd, Ketua Baznas Hamdi Sofyan, Lc. M. Sy beserta jajaran dari Baznas Payakumbuh, UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Dinas Pendidikan, UPZ (unit pengumpulan zakat) TK, SD dan SMP, Kepala Sekolah SD dan SMP negeri swasta se-kota Payakumbuh serta walimurid penerima zakat.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, ST, MT pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa penyaluran ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pemko Payakumbuh melalui Baznas Payakumbuh terhadap pendidikan bagi generasi penerus kota Payakumbuh terkhususnya peserta didik yang ekonomi kurang mampu yang pada saat ini memerlukan bantuan dalam memenuhi kebutuhan dasar sekolah dalam rangka menghadapi tahun ajaran baru.

Riza Falepi berharap dengan penyaluran zakat ini akan dapat membantu memenuhi kebutuhan peralatan sekolah seperti alat tulis, pakaian, dsb dikarenakan dengan momen ini sangat tepat dilakukan karena kondisi memasuki tahun ajaran baru.

“Pemko sangat berterima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Baznas Payakumbuh atas terselenggaranya kegiatan ini serta memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dengan dilaksanakan kegiatan ini di Gor Batang Agam karena dapat mempromosikan keberadaan Gor Olahraga kepada masyarakat Kota Payakumbuh, tentu diharapkan kedepannya sarana Gor Batang Agam dapat dimanfaatkan secara maksimal” Ujar Walikota 2 periode tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr. Dasril, M.Pd menyampaikan bahwa dari zakat yang telah terkumpul ke Baznas Payakumbuh untuk dijajaran Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh diharapkan 60 % dapat disalurkan kembali kepada peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang termasuk dalam asnaf yang delapan untuk menunjang pendidikan.

Dasril menghimbau kepada siswa dan orangtua penerima zakat agar dana yang diterima dapat dipergunakan tepat sasaran bagi kebutuhan siswa untuk menimba ilmu pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top