Tanah Datar-sumateraline. Com (13/07-2022) 

Dunsanak Peratau 3 Guguak (DP3G) Pulang Basamo Sumaniak adakan beberapa kegiatan di Kampung dan alek anak Nagari, dilanjutkan silaturahmi dengan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM di lapangan sepakbola Tembok Galuang Nagari Sumaniak Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumbar pada Rabu (13/07) Jam 19:00 Wib. 

Ketua Pulang Basamo H. Yus Kardinal yang diwakili anaknya sendiri, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Tanah Datar walaupun keadaan kurang sehat, beliau sempakan juga untuk hadir dalam silaturahmi bersama perantau di lapangan bola kaki Tembok Galuang ini. Sebelumnya kami mendapat kabar sore tadi bahwa Bupati tidak bisa hadir di pertemuan ini, jadi kami agak kecewa, karena sebagian dari perantau sangat ingin sekali bertemu dengan Bupati nya. 
Seperti yang bapak lihat animo  masyarakat sekarang untuk bertemu dengan bapak sangat besar sekali, terobati hati lelah ini yang telah mempersiapkan acara dikemasa dengan alek Nagari beserta KIM dari kemaren, terimakasih pak atas kedatanganya, ujar H. Yus Kardinal. 

Kami yang ada di 3 Guguak ini masyarakatnya lebih dari 50 persen domisili di Rantau tidak sebanyak yang ada di Kampung. Perantau pulang kali ini banyak melakukan kegiatan sosia, Bergontoroyong, memperbaiki jalan dan pasilitas lainnya, karena dari kami pulang tahun dulu sampai sekarang jalan yang kita lewati sudah rusak belum juga di perbaiki, dua tahun yang lalu kami sangat berharap kepada Bupati terkait dengan Insprasuktur ini, air bersih dan jaringan internet yang kurang baik . 

"Tidak bisa kita pungkiri dua tahun ini tidak banyak yang bisa diperbuat karena daerah sendang dilanda Covid, akan tetapi sekarang sudah mulai agak reda musibah Covid ini mohon di kabulkan harapan kami, katanya. 

Sementara itu Wali Nagari nagari Sumanik Irama Yandi juga sampaikan apresiasi dan bangga kepada perantau tiga guguak  atas kekompakan walaupun dalam suasana sulit denga perekonomian yang baru bangkit bisa melaksanakan pulang basamao untuk menjalin silaturahim dengan keluarga di kampung. “Jaga selalu kekompakan, sukses selalu di rantau dan lestarikan kearifan lokal melalui pulang basamo mambangun kampuang,” pesan Irama Yandi

Disambutannya Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terimakasih kepada Perantau DP3G yang telah menunggu kehadirannya pada pertemuan silaturahmi ini. Sebelumnya tadi kesehatan saya memang agak terganggu, mungkin karena lelah kurang istirahat kerena kesibukan itu maka tidak bisa hadir tadi, sorenya saya rasa badan agak ringan saya usahakan juga datang karena saya rindu juga sama perantau yang pulang Kampung, alhamdulillah sesampai saya disini melihat yang hadir lansung sembuh. 

"Saya apresiasi kepada perantau dan masyarakat Sumanik yang sudah melaksanakan kegiatan alek nagari, ini secara langsung sudah mendukung kegiatan pemerintah daerah dalam rangka menjalin Komunikasi Pimpinan Secara Dakek dan Arek yaitu “Kopi Sakarek," ucap Bupati Eka Putra. 

Lebih lanjut, Bupati sadari kegiatan silaturahmi ini sudah dua tahun tidak bisa dilaksanakan secara berhadapan langsung karena musibah pandemi covid 19, kita patut bersyukur karena hari ini bisa dilaksanakan oleh perantau dan masyarakat Nagari Sumanik dalam rangka menjembatani aspirasi dan informasi kepada pemerintah daerah. 

Sehubungan dengan harapan perantau dan masyarakat Nagari Sumanik untuk pembangunan infrastruktur seperti perbaikan jalan dan penyaluran air bersih. Insyaallah perbaikan jalan dan air bersih akan dianggarkan dan di realisikan secepatnya melalui dinas instansi terkait, ungkap Bupati. 

Bupati juga tambahkan, selain fisik kita juga harus membangun mental spiritual generasi penerus, pemerintah daerah memiliki program satu rumah satu hafizh dengan tujuan menyiapkan generasi tangguh dan taat kepada Allah SWT.  "Disamping itu untuk kelancaran pembangunan melalui program unggulan Pemerintah Daerah, mohon dukungan dari perantau dan masyarakat Sumanik," Harap Eka Putra. 

Nampak hadir di acara tersebut Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari, Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Camat Salimpaung Herru Rahman beserta Forkopimca, Kepala Bagian Prokopim Dedi Triwidono, BPRN, KAN, Bundo Kanduang, tokoh masyarakat, Pemuda dan (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top