Tanah Datar-sumateraline. Com (28/07-2022) 

Musyawarah Nagari (Musnag) Nagari Sumanik, turut hadir anggota DPRD Tanah Datar Dapil 4 Nurhamdi Hazari untuk mendengar isu Trategis skala prioritas pada pembangunan Nagari Sumanik dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan nagari (RKP 2023 dan DU-RKP 2024) di aula Kantor Wali Nagari Kenamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar Kamis (28 Juli 2022).

Diambutannya Wali Nagari Sumanik Irama Yandi, S. AP, menyampaikan terimakasih kapada yang hadir dalam memenuhi undangan untuk musyawarah nagari, dalam perencanaan pembangunan Nagari Sumanik. Mudah-mudahan semua sehat dalam memberikan saran yang diawali dengan perencanaan  persiapan yang matang, melalui 7 Jorong yang ada di Nagari Sumanik. 

Harapan kita kepada yang hadir agar dapat memberikan saran masukan terhadap rencana yang sudah disusun, mungkin ada usulan yang belum terkomudir atau belum termasuk anggota dalam rancangan tersebut di mohon masukan kita semua, mudah-mudahan dengan kebersamaan kita bisa menyempurnakan hal tersebut. 

Ada beberapa usulan kita pada RKP tahun sebelumnya sudah masuk dalam dokumen perencanaan daerah, nantik bisa naikan lagi bisa kita jadikan prioritas, karena sudah ada beberapa prioritas yang di Kabupaten, mumpung anggota DPRD hadir hari ini Nurhamdi Hazari, kami mohon juga untuk ruas jalan 374 yakitu dari taratak sampai ladang itu sudah masuk di APB 2023 mohon direalisasi. 

"Dalam kita bermusyawarah apa yang menjadi kebutuhan nagari bukan keinginan kita masing-masing, utamakan yang menjadi prioritas untuk kebutuhan kita bersama. Jadi karena saya masa tugas akan berakhir saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Sumanik kalau ada kesalahan dalam bertugas memimpin Nagari selama ini, ujarnya lagi, "kata Wali Nagari Iram Yandi. 
Di kesempatannya Nurhamdi Hazari anggota DPRD Tanah Datar Dapil 4, mengatakan aturan musyawarah nagari harus mengikuti proses seperti ini, memang harus dilalui karena itu sudah diatur oleh undang-undang dalam memangun nagari, suka tidak suka harus kita ikuti prosesnya. 

Mudah-mudahan kondisi kita sekarang dalam keadaan sehat-sehat saja, karena tahun kemaren kita melakukan Musna ini, kita dilanda Covid-19 semua diharuskan memakai Masker. Terkait dengan kegiatan- kegiatan selama ini banyak yang tertunda karena anggaran di alihkan untuk penanganan Covid, tidak hanya di Tanah Datar secara Nasional masalah keuangan memang terganggu.

"Tentu ini akan menjadi kajian pemerintah daerah bagaimana ekonomi bangkit kembali, tidak hanya masalah Fisik, juga kegiatan lain sudah mulai berjalan, beberapa hari yang lalu Kelompok PKK melakuan kegiatan notabene nya untuk menggerakan UMK membangkitkan ekonomi, pergerakan pariwisata juga sudah jalan," Tutur Nurhamdi Hazari. 

Tadi juga disampaikan Wali Nagari ada beberapa kegiatan yang tidak jalan, sepert ruas jalan taratak sampai Kebun sudah dikatakan oleh Bupati tahun sekarang tidak mungkin dilaksanakan, karena ada beberapa proses yang di lalui, kalau dipaksakan ini akan bermasalah dengan hukum, dan beliau mengatakan insyallah 2023 ini akan dilaksanakan, ucapnya lagi. 

Pada Musnag ini turut hadir anggota DPRD Nurhamdi Hazari, Ketua Tim Musrenbang Kabupaten yang diwakili, OPD terkait, UPT sekolah se-Nagari Sumanik, Forkopinca, Camat Salimpaung diwakili Sekcam, Babinkamtibmas, Babinsa, Wali Nagari Irama Yandi, Ketua BPRN, Ketua KAN diwakili, Bundo Kanduang, Mahasiswa/i KKN, dan undangan lainnya.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top