Tanah Datar-sumateraline. Com  (26 /07- (2022) 

Musyawarah Nagari (Musnag) Nagari Padang Ganting, dihadiri seluruh OPD terkait untuk menampung seluruh aspirasi masyarakat pada pembangunan 2023 yang diselenggarakan di Masjid Syuhada' Jorong Koto Gadang, Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting pada Selasa (26/07) 
Wali Nagari Padang Ganting Mirza Umar, disambutannya mengatakan kita mengadakan Musnag Nagari untuk merencanakan kegiatan tahun 2023, hari ini kita diruntut untuk memberikan usulan terkait pembangunan di Nagari yang bisa dilaksanakan kewenangan Nagari, nanti kita tuangkan dalam RKP Nagari dan kegiatan  yang bukan kewenangan Nagari nanti kita usulkan melalui DURKP tahun 2024.

Sesuai instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang Desa dan arahan Bupati dalam melaksanakan Munag Nagari seperti yang sudah kita laksanakan sebelumnya, mengambil kembali usulan usulan yang ada di RPJM yang telah disusun selama 6 tahun. Tapi semenjak tahun 2020 sampai 2024 seperti instruksi Presiden menyatakan bahwa kegiatan Desa atau Nagari sudah di Prioritaskan.

Pada tahun 2022 rencana pemakaian dana Desa sudah di instruksikan Presiden yakitu 40% untuk BLT, ketahanan pangan 29% untuk penagan Covid 19%  berjumlah 68% sehinga tinggal sisa 30%, yang 22% wajib penanganan stunting dan kegitan pada hari ini. 

"Semenjak tahun 2020 kegitan di Nagari mandek atau tidak jalan, jadi kegitan kita hari ini tetap berjalan seperti semula. 
Untuk kalau ada nantik usulan baru silahkan sampaikan, tapi tetap mengarah ke RPJM sebelumnya yang sudah kita prioritas kan, " Ujar Wali Nagari Mirza Umar. 



Saat diskusi Musnag Nagari 
Alfi Hidayati, M.Pd Kepala sekolah SMA Padang Ganting 
berharap kepada Pemerintah  untuk memperluas bangunan sekolah ruang sekolah tidak mencukupi untuk siswa belajar fisika dan bahasa, dimana ruang labor fisika dan bahasa serta ruang multi media belum ada mengingat lahan sekolah untuk membangun ketiga ruangan tersebut tidak mencukupi. 

"Kalau dapat Nagari bisa membantu sekolah untuk membebaskan lahan yang ada dibelakang sekolah, satu lagi prestasi yang diraih anak-anak SMA Padang Ganting cukup menggembirakan di tingkat Provinsi, dan kami sudah melakukan kerjasama dengan Universitas Unand untuk menampung siswa-siswi lulusan SMA Padang Ganting," sampai Alfi Handayati. 

Hadir pada Musnag Nagari, Ketua tim Musrembang yang siwakili, OPD terkat, UPT sekolah se Padang Ganting, Forkopinca, Camat Padang Ganting, Ronal Satria, Kapolsek Padang Ganting Iptu Afridal, Danramil yang di wakili Babinsa, Wali Nagari Padang Ganting, Wali Nagari Atar, BPRN, KAN, Ninik mamak, Mahasiswa/i KKN Unand, peseta Musnag Nagari dan undangan lainya.(097-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top