Tanah Datar-sumatetaline. Com (23/07-2022) 

Wabup Richi Aprian membuka secara resmi Alek Pacu Jawi Nagari Gurun, dipembukan ini anak sekolah SDN 10 Ampalu Gurun ikut menampilan sangar tari Lereng Merapi dengan judul "Tari Cik mancik" Permainan ini masa dulu sering dimainkan oleh anak-anak Minang Kabau maso saisuak. Dibangkitkan kembali karena warisan budaya  orang tua tua dulu. 
Wabup Richi Aprian, SH. MH pada pembukaan Paci Jawi, mengatakan bahwa Kesenian ini patut kita angkat kembali supaya anak masa sekarang bisa mengenal budaya yang sudah lana terpendam, perlu bangkitkan kembali, karena kita tau jaman dulu permainan ini sangat diminati oleh anak-anak Nagari Gurun, khususnya anak Minang yang berada di Nagari-nagari yang jauh dari pusat Kota. 

"Apa lagi sekarang ada Event, bisa dimasukan ke satu Event satu Nagari, untuk mengangkat permainan anak-anak, Tari Cik mancik kembali, permainan ini sudah lama hilang digantikan oleh permainan gadget android. Orang tua  harus Mengontrol anak yang mempergunakan HP android, kalau tidak diawasi otak anak akan dipengaruhinya. Disisilain anak harus mempunyai hp andro untuk mereka belajar tapi kita harus awasi,"turut Wabup. 

Sebelumnya Ketua Pelaksana Pacu Jawi Nagari Gurun Z. Dt. Rangkayo Bsa mengatakan, untuk melaksanakan Pacu Jawi kali ini seluruh masyarakat terlibat dalam mempersiapkan acara selama 10 hari termasuk juga ninik mamak, pemuka masyarakat, limas FKPM ikut Bergontoroyong. Hari pertama sebanyak 150 orang, hari kedua 100 orang dan hari ketiga 80 orang, untuk konsumsi masyarakat bersama-sama  patungan. 

Dengan dilaksankannya Pacu Jawi ini untuk mempersatukan anak Nagari agar mempererat hubungan silaturahmi sesama anak Nagari yang ada di empat Jorong di Nagari Gurun, yaitu Jorong Ampalu, Jorong Gurun, Jorong Sitakuak, luak gadang. Untuk tamu yang datang tidak boleh dipungut biaya masuk karena ini alek niniak mamak, anak Nagari, kalaupun ada pungutan seperti Parkir untuk anak Nagari itu hanya 5000 mobil 3000 kendaraan motor. 

"Harapan kita kedepan supaya anak Nagari bisa melestarikan kembali Pacu Jawi dan dapat ditingkatkan dari sebelumnya, itu maka hari ini kita kemas semeriah mungkin, untuk memanjakan pengunjung yang datang ke Nagari Gurun. Karena ini Alek anak Nagari dan juga dalam rangka mendukung Program Pemerintah satu Event satu Nagari,"kata Ketua Pelaksana.(007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top