Tanah Datar-sumateraline. Com (27/08-2022) 

Untuk mendorong Program Unggulan (Progul) Pemerintah Daerah dalam menyukseskan satu Event satu Nagari 
Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM membuka secara resmi Alek Pacu Jawi Sawah Batung Dangau Durian Jorong Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar Sabtu (27/08) 

Iswandi, Ketua Pelaksana Pacu Jawi dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Anggota DPRD Provinsi Ir. H. Arkadius Dt.Intan Bano, MM. MBA di tengah kesibukan sempat juga menghadiri Alek Pacu Jawi ini. 

"Kami salaku Panitia Alek Pacu Jawi mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir di arena Alek Pacu Jawi Sawah Batung Dusun Tanjuang Durian Jorong Sungai Tarab ini, dengan kedatangan bapak Bupati beserta rombongan bisa menyemangati kami Para Panita untuk menyukseskan agenda Kabupaten Tanah Datar khususnya di acara Pacu Jawi ini," Kata Iswandi. 

Juga kami laporkan kepada Bapak Bupati dengan kesiapan begitu singkat acara ini dengan dana yang minim sekali yakitu Nol persen acara ini bisa kami angkat bersama-sama dan masyarakat begilah keadaan kondisi Alek hari ini. Mungkin harapan kami kepada Bapak Bupati menyangkut Jalan, dimana Jalan kami sudah lama kami dambakan belum juga terealisasi sampai sekarang, sudah lama kami usulkan sebelum kepemimpinan bapak lagi. Jadi kami sangat berharap Jalan kami di perbaiki, ujarnya. 
Di kesempatannya Bupati Tanah Eka Putra, mengatakan 
tidak hanya mendorong Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Even agar sukses dan mampu meningkatkan bidang kepariwisataan dan memberi berbagai dampak positif bagi masyarakat. 

Alek pacu jawi menjadi salah satu warisan budaya tak benda kebanggaan Luhak Nan Tuo, yang terbukti mampu menarik minat wisatawan lokal bahkan mancanegara untuk datang menyaksikannya. Kita kembali mempromosikan potensi wisata andalan Tanah Datar beberapa waktu lalu, dan telah memasang banner  atau iklan wisata di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). 

"Alek Pacu jawi menjadi salah satu banner dari empat banner potensi wisata yang dipromosikan di BIM, selain Istano Basa Pagaruyung, Puncak Pato dan Puncak Aua Sarumpun. Disamping menjadi kebanggaan dan andalan Tanah Datar untuk menggaet wisatawan untuk berkunjung, alek pacu jawi juga terbukti membuat roda perekonomian masyarakat bergerak, "ucap Eka Putra. 

Karena berbagai potensi ini, tentunya kepada pengurus PORWI yang membidangi Alek Pacu Jawi diharapkan membuat jadwal resmi dan pasti secara rutin, sehingga wisatawan yang berniat menyaksikan even ini juga memperoleh kepastian, harapnya. Terlepas dari itu, tambah Eka, keamanan dan kenyamanan wisatawan yang datang, tidak hanya menyaksikan Alek Pacu Jawi, harus menjadi perhatian utama. 

"Kita selaku tuan rumah harus selalu ramah terhadap tamu, juga ciptakan keamanan dan kenyamanannya selama berkunjung. Dan tak kalah pentingnya, harga makanan ataupun kuliner lainnya harus jelas, bahkan dipasang tarifnya, sehingga pengunjung tidak merasa tertipu," pesannya. 

Sebelumnya anggota DPRD Provinsi Ir. H. Arkadius Dt. Intan Bano mengatakan, setidaknya ada 3 manfaat dari pelaksanaan Alek Pacu Jawi. 
Tiga manfaat itu adalah menggairahkan peternakan sapi, menjadi destinasi wisata dan mampu membuka lapangan kerja atau menggerakkan perekonomian masyarakat.  Karena itu, kata Arkadius, ia sangat mendukung Alek Pacu Jawi menjadi agenda rutin yang dilaksanakan di Tanah Datar, karena memang menjadi salah satu magnet wisatawan untuk berkunjung.

"Bahkan, seandainya memungkinkan alangkah baiknya kita juga memiliki lokasi permanen untuk menggelar Alek Pacu Jawi ini, namun tentunya tidak menghilangkan alek ini dilaksanakan di nagari-nagari seperti biasanya," katanya. 

Turut hadir di pembukan Alek Pacu Jawi Bupati Eka Putra, SE. MM, anggota DPRD Provinsi Ir. H. Arkadius Dt. Intan Bano, anggota DPRD Tanah Datar Beny Alpero, Kabid Pariwisata dan olah Raga, Ketua PORWI Tanah Datar yang juga sebagai Ketua LKAM Dt. Indomo, Ketua KAN, Forkopinca, Wali Nagari se Kecamatan Sungai Tarab dan undangan lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top