Tanah Datar-sumateraline. Com (26/08-2022) 

Tahun 2022 melalui DAK NF sebanyak 11 kelompok P2L menerima bantuan dengan total Rp 345.000.000,- dengan rincian sebanyak 4 kelompok penumbuhan masing-masing sebesar Rp 60.000.000,- dan 7 kelompok pengembangan masing-masing Rp15.000.000,-. 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Suhermen didepan yang hadir uasai Bupati Eka Putra, SE. MM membuka secara resmi Rapat Koordinasi P2L DAK Non Fisik (NF) Tahun 2022  di Aula Kantor Bupati Tanh Datar Pagaruyung Batusangkar Kabupaten Tanah Datar Jum'at (26/08)

Dikatakan Suhermen, P2L adalah kegiatan kelompok masyarakat yang secara bersama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, pemanfaatan dan pendapatan bagi keluarga. 

“Untuk komponen P2L ini ada kebun benih, demplot, pertanaman atau pekarangan dan pasca panen, yang mana tujuannya untuk ketersediaan dan pemanfaatan pangan rumah tangga, meningkatkan pendapatan rumah tangga, mengoptimalkan pemanfaatan lahan marginal dan ruangan terbuka serta mendukung wirausaha baru,”tuturnya.

Suhermen menyebut P2L fokus pada pemberdayaan kelompok masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan untuk ditanami beragam tanaman sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral seperti cabe, terong, sayur, tomat dan lainnya. 

“Program P2L bermanfaat bagi keluarga untuk pencegahan stunting karena dapat memenuhi asupan gizi melalui keberagaman komoditas pangan yang ditanam dipekarangan,”sebut Suhermen. 

Sebelumnya Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, mengatakan jika pangan sudah merupakan kebutuhan hidup manusia, jadi ketersediaannya harus mencukupi.

"Kalau kita bicara pangan sebagai konsumsi keluarga, maka pemenuhan hak keluarga bagi kesehatan melalui pemberian makanan sehat dan gizi seimbang harus menjadi prioritas apalagi pandemi covid-19 masih mengkhawatirkan, jadi itu perlu imunitas bagi tubuh dengan pola makan yang sehat dam gizi seimbang,"ujarnya. 

Bupati berharap, masyarakat bisa menyediakan bahan pangan lokal berkualitas baik untuk menjaga kesehatan keluarga dengan memanfaatkan lahan dan pekarangan rumah. 

Dikatakan Bupati Eka Putra sesuai arahan dari Pemerintah Pusat jika tahun ini DAK NF ini masih di Dinas Pangan dan Perikanan namun tahun depan sudah di Dinas Pertanian maka program ini terus dilanjutkan jangan terhenti sampai disini. 

Bupati Eka Putra sangat mengapresiasi P2L ini, karena memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan-lahan tidur yang selama ini tidak dimanfaatkan. 

Eka Putra juga merasa bersyukur karena dari pantauannya kelompok-kelompok tani di Tanah Datar sangat produktif dan punya semangat yang tinggi untuk bangkit dari pandemi memulihkan ekonomi dan membantu pemerintah seperti Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tersebar di wilayah Tanah Datar. 

Setelah Rakor Bupati Eka Putra juga menyerahkan Bantuan secara simbolis sebanyak 11 kelompok P2L menerima bantuan dengan total Rp 345.000.000, - didampingi Asisten Sekda Tanah Datar Abdul Hakim, Kadis Pangan dan Perikanan Suhermen, Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kadis Koperindag.Turut hadir Camat, Wali Nagari, KWT kelompok P2L penerima bantuan dan undangan lainnya.(*/007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top