Ratnawillis saat berobat di poli tulang RA Adnaan WD Kota Payakumbuh 

Payakumbuh, SUMATRALINE — Dalam bertambahnya usia seseorang dalam perjalanan hidupnya, maka mereka juga akan rentan dihinggapi oleh berbagai macam penyakit yang mulai dan dapat dengan mudah menyerang tubuh yang sudah masuk usia senja tersebut. 

Dan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita seseorang yang sudah tua kini yakni pengapuran tulang. Hal ini yang tengah dirasakan oleh Ratnawilis (55). Ibu yang telah memiliki cucu ini mengalami pengapuran pada tulang belakang dan terpaksa harus melakukan pengobatan secara intensif. Ratna mengaku beruntung selama menjalani pengobatan ia tidak mengeluarkan biaya sama sekali karena telah tedaftar sebagai peserta program jaminan pemeliharaan kesehatan yang dikenal dengan nama Asuransi Kesehatan (ASKES).

“Pengapuran tulang belakang yang saya alami ini sudah sejak lama dan harus menjalani pengobatan secara intensif. Jika saya tidak menjalani pengobatan saya merasakan nyeri yang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari saya. Alhamdulillah, saya merasa sangat terbantu sekali dengan telah terdaftar sebagai peserta ASKES ini," ungkap Ratna, Selasa (23/8/2022).

Beruntung bagi Ratna yang telah terdaftar sebagai peserta program jaminan pemeliharaan kesehatan yang dikenal dengan nama Asuransi Kesehatan (ASKES). Pasalnya, perempuan yang merupakan penerima pensiunan itu katakan jika tanpa adanya kartu tersebut, ia akan bingung untuk membayar tagihan yang muncul dari pengobatannya tersebut. 

“Karna uang pensiun yang saya trima sudah tidak seberapa lagi, dan itupun hanya cukup untuk keberlangsungan kebutuhan harian saya,” ungkap Ratna kepada media saat mendaftar berobat di poli klinik RS. Adnaan WD kota Payakumbuh.

Ratna yang saat ini tinggal bersama suaminya itu mengaku selama berobat sebagai peserta ASKES ia selalu mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik di klinik maupun di rumah sakit. 

"Jika harus menggunakan biaya sendiri untuk pengobatan bisa mencapai biaya ratusan ribu rupiah. Kalau tidak terdaftar sebagai peserta ASKES ya lumayan juga biaya berobatnya,” jelas Ratna.

Selama mendapatkan pelayanan kesehatan ia mengaku tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Ratna menambahkan ia tidak mengalami kesulitan sama sekali ketika berobat, tidak ada pembedaan dengan pasien lainnya yang memakai biaya pribadi.

"ASKES telah terbukti memberikan manfaat yang sangat banyak kepada pesertanya baik tua maupun muda dan secara langsung telah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat dalam mendapatkan jaminan kesehatan, terlebih bagi peserta diusia senja dimana penyakit lebih mudah dialami karena kondisi fisik yang mulai lemah," tambah Ratna.

Ratna berharap semua masyarakat dapat mendaftarkan diri beserta anggota keluarganya kedalam program ASKES. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top