Tanah Datar-aumateraline. Com (01/08-2022) 

Musyawarah Nahari (Musnag) Nagari Tabek Patah rencana kegiatan tahun 2022 untuk tahun 2023, dihadiri lansung 3 orang Kepala Dinas terkait yaituKadis Pariwisata, Kadis Koperindag, Kadis Pertanian, Ketua tim Musrembang Kabupaten yang diwakili di aula Kantor Wali Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpanung Kabupaten Tanah Datar pada Se01/08) 

H. Krisman, Dt. Rajo Nan Kayo Wali Nagari Tabek Patah, disambutannya mengatakan ucapan terimakasih kepada yang hadir di Musyawarah Nagari Tabek Patah, ini suatu kehormatan besar bagi kita karena lengkap hadir hari ini, diantaranya anggota DPRD Dapil 4, walaupun tidak lama beliau ijin tadi karena ada kegiatan ke Bukittinggi, dan dihari lansung 4 orang kepala dinas Kabupaten Tanah Datar yakitu. Ketua tim Kabupaten, Kadis Pariwisata, Plt. Kadis Pertanian, Kadis Koperindag Tanah Datar. 

Ada beberapa hal yang akan disampaikan pada Musnag kali ini. Pertama kegiatan sebelumnya banyak terhenti anggaran dialihkan untuk penanganan Covid semua dana terjadi pemotongan, untuk itu mari kita usulkan kembali mana yang skala prioritas tahun 2022 untuk tahun 2023. Mohon maaf melihat kita yang hadir ruangan sangat kecil tamu banyak duduk tidak pada tempatnya. Ada beberapa hal yang akan disampaikan, nanti bisa kita lihat di RPJD, RKP dan DU-RKP tahun 2023, rencana kita akan memperlebar kantor ini ke samping tahun depan sudah dianggarkan oleh anggota Dewan dengan dana Pokirnya, akan tetapi belum Terkarver semuanya.

"Memang selama ini telah kita diusulkan juga saat Musnag atau Musrenbang tapi belum juga terlaksana, untuk tahun ini dana ADD kita naik 1 miliyar akan tetapi sudah diatur oleh Kabupaten, kita hanya bisa melaksanakan, ini sudah ada posnya masing-masing, kita tidak bisa keluar dari yang sudah ditentukan,"kata Wali Nagari Tabek Patah. 
Plt Kadis Pertanian Sri Mulyani, dikesempatan itu mengatakan kita harus mendukung 10 program Bupati bersama Wabut, 4 di antaranya ada di Dinas Pertanian yakitu, bajak gratis, asuransi ternak dan padi, serta perbaikan irigasi, pupuk bersubsidi. Kalau bicara bajak gratis? tentu kita terlebih dulu harus tergabung di kelompok tani, bagi masyarakat yang belum terdaftar di DTKS dan Simluhtan tetap bisa menikmati layanan bajak gratis. 

Dalam layanan Program Bajak Gratis terdapat tiga pola, Pertama, Peminjaman Alat Mesin Pertanian atau Alsintan oleh Brigade, dimana seluruh pembiayaan ditanggung pemerintah daerah, Kedua, Pemberdayaan Alsintan kelompok tani, dimana Alsintan disediakan kelompok tani dan untuk biaya seluruh biaya ditanggung Pemerintah Daerah, dan Ketiga, peminjaman Alsintan Brigade yaitu Alsintan dipinjamkan atau disediakan Pemerintah Daerah sedangkan biaya ditanggung kelompok tani. 

"Asuransi ternak dan padi, bagi masyarakat yang mempunyai ternak bisa dibantu seperti hilang atau meninggal, tapi ternak yang produktif sapi betina, sapi pejantan tidak, begitu juga dengan padi, andai hilang atau kena musibah alam bisa di klem tanya nantik sama dinas pertanian tentang suransi ini. Kalau pupuk bersubsidi sekarang memang di kurangi seluruh Indonesia bukan di Tanah Datar saja, masyarakat harus bijak mempergunakan pupuk, pergunakan pupuk kompos, masalah irigasi pemerintah akan selalu membenahi," Kata Plt Kadis Pertanian Sri Mulyani. 

Sri Mulyani menbahkan, untuk informasi lebih jelasnya masyarakat diharapkan untuk mencari informasi kepada Pemerintah Nagari, Penyuluh Pertanian ataupun Brigade Alsintan yang tersebar 1 orang per kecamatan, tambahnya. 

Turut hadir pada Musnag Nagari Tim Musrembang Kabupaten, Kadis Pariwisata Hendri Agung Indrianto, Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kadis Koperindag Hendra Setiawan, Forkopinca, Camat Salimpaung Heru Rahman, Wali Nagari Tabek Patah H. Kristen Dt Rajo Nan Kayo, Ketua BPRN, Ketua KAN, Ninik mamak, Bundo Kadang, pra peserta Musyawarah Nagai dan undangan lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top