Tanah Datar-sumateraline. Com (18/08-2022) 

Wabup Richi Aprian, SH. MH didampingi Kadis Pariwisata Hendra Agung, Kadis Koperindag Hendra Setiawan, Forkopinca X Koto membuka secara resmi acara Paninjuan baralek gadang dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI ke 77) di Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar Sumbar Kamis (18 Agustua 2022) 
Acara Paninjauan Baralek gadang yang dikemas dengan berbagai kegiatan seperti: Tabligh Akbar, makan Bajamba, main Bola Badunsanak, Panjat Pinang, Randai, Fotografi, dendang KIM, Arak Iriang Pawai, Tungku Cangkuak, Alek Baburu, Stan kuliner, Mewarnai, Menawai Aia Tawa, Solo Song. Hai ini dikatakan Ketua Pelaksana A. Dt. Saidi Bagindo, didepan Wabup Richi Aprian saat pembukaan acara tersebut. 

Ir. Arkadius Dt. Saidi Bagindo sebagai Ketua pelaksana juga mengungkapkan, pelaksanaan berbagai kegiatan atau event tidak memberatkan Pemerintah Nagari ataupun Kecamatan dalam hal anggaran atau biaya pelaksanaan. Kegiatan ini terselenggara berkat inisiatif Pemuda tidak ada dilibatkan ke pemerintah Nagari di kerjakan secara Bergontoroyong Pemuda, Mahasiswa KKN dan masyarakat. 

"Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan kegiatan Paninjauan Baralek Gadang bisa kami laksanakan tanpa bantuan anggaran dana dari Wali Nagari ataupun Camat, namun tentunya kami butuh dukungan dan suport agar pelaksanaan ini mampu berjalan baik, aman dan lancar," sampainya. 

Bercermin dari pelaksanaan kegiatan ini, tambah dia, Nagari Paninjauan siap untuk melaksanakan dan menyukseskan Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event, kata A. Dt. Saidi Bagindo. 

Sementara itu Ketua KAN Paninjauan Gj. Dt. Sinaro Panjang disamping menyampaikan terima kasih juga memberikan apresiasi kepada segenap panitia pelaksana dan pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan itu.

"Atas nama ninik mamak Paninjauan, Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih, telah bersusah payah untuk menggelar kegiatan besar ini yang tujuannya melestarikan adat dan budaya serta meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan di Nagari Paninjauan ini," katanya

Diesempatannya, Wabup Richi Aprian, menyampaikan apresiasi dan kebanggaan karena kegiatan sebesar itu, panitia pelaksana tidak meminta bantuan biaya kepada Pemerintah Nagari atau Pemerintah Kecamatan. 

"Pelaksanaan kegiatan ini membuktikan, segala urusan ketika dilaksanakan dan didukung bersama tidak ada yang sulit. Atas nama pemerintah daerah, Saya menyampaikan apresiasi," ujarnya.

Pemerintah Daerah saat ini terus berkomitmen dalam menggiatkan pembangunan yang mengangkat potensi dan keunggulan Nagari, termasuk sektor pariwisata. Progul Satu Nagari Satu Event tahun 2022 telah dilaunching dan ditetapkan 14 Nagari dari 14 Kecamatan. Insya Allah , tahun depan bertambah, sehingga di tahun 2024 nanti 75 Nagari di Tanah Datar dapat melaksanakan Progul ini. Satu Nagari Satu Event dirasa penting karena dianggap mampu memberikan multiplier effect, dan tentunya kegiatan Paninjauan Baralek Gadang ini ke depannya bisa menjadi bagian dari Progul itu.

"Efeknya tidak hanya untuk melestarikan dan mengembangkan adat dan budaya Nagari saja, namun juga berdampak peningkatan perekonomian masyarakat. Setidaknya hal itu sudah terlihat dari 4 Event yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu," Ucapnya. 

Namun tidak itu saja, tambah Richi, Progul lain seperti Layanan Mesin Bajak Gratis, Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah, Pemberantasan Rentenir, mempermudah pelayanan administrasi kependudukan dan lainnya tetap digenjot pelaksanaannya. 

Harapannya semua Progul yang telah dicanangkan dapat berjalan baik sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semua itu tentunya juga diharapkan dukungan penuh masyarakat baik di kampung halaman ataupun di perantauan serta dukungan dan support pihak terkait lainnya, Harap Wabup Richi Aprian.(007-n) 




 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top