Payakumbuh, SUMATRALINE --- Wali Kota Riza Falepi menjadi bintang dalam talkshow yang mengulas potensi usaha kecil menengah (UKM) menembus pasar internasional yang diselenggarakan portal tribunpadang.com di Ball Room Hotel Santika Premier, Padang, Sumatera Barat, Rabu (10/8).

Sebagai kepala daerah yang pelaku industri rendangnya dapat mengekspor produk ke pasar internasional, Wali Kota Riza Falepi di hadapan menteri dan kepala daerah lain yang hadir memaparkan bagaimana Pemerintah Kota Payakumbuh bisa menyediakan dapur memasak rendang yang telah bersertifikat ISO 22000 dan berstandar ekspor, Sentra IKM Randang.

Bahkan, Riza Falepi mendapat banyak pertanyaan dari moderator dan hadirin bagaimana suksesnya Kota Payakumbuh bisa memasarkan produk kuliner kebanggaan orang minangkabau ke kancah internasional.

"Saya bahkan bisa menyampaikan uneg-uneg langsung kepada kementerian terkait apa yang masih kurang di Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh," kata Riza kepada media usai menghadiri acara tersebut.

Riza mengakui, sejak awal sebenarnya pelaku industri rendang di Kota Payakumbuh sudah bergeliat, tetapi baru bisa memasok untuk pasar lokal. Riza mengaku pihaknya mengupayakan produk rendang mereka bisa di jual ke pasar yang lebih besar, yakni ke luar negeri, artinya pelaku IKM naik kelas.

"Kita menangkap peluang dari kementerian dengan dana alokasi khusus untuk membangun sentra IKM berserta dapur yang representatif. Alhamdulillah segala prosesnya telah berjalan hingga kini Kota Payakumbuh menjadi contoh baik, banyak pemda dan lembaga lain belajar ke Sentra IKM Rendang," paparnya.

Riza menyebut, keberadaan Sentra IKM Rendang membuka peluang bagi IKM rendang untuk terus bermunculan, Pemko Payakumbuh menyiapkan tempat produksi berkualitas, produknya bisa diterima pasar nasional dan internasional dengan standar yang tinggi. 

"Sentra IKM Rendang telah bisa menunaikan itu. Kami harap semoga lebih banyak warga Payakumbuh yang berhasil jadi pengusaha rendang dan go internasional. Selamat berjuang semoga lebih maju, pemda dari sisi mana bisa membantu, akan berupaya membantu baik mencarikan modal dari pusat, dan permodalan dari perbankan," kata Riza.

Ide brilian fasilitas dapur rendang berstandar ekspor ini, kata Riza, tak lepas dari kakok tangan Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Yusnita Riza Falepi bersama dukungan pelaku IKM lainnya yang telah berjasa.

"Mereka adalah orang-orang berjasa mendorong percepatan kemajuan industri rendang di Kota Payakumbuh," tukuknya.

Di akhir wawancara, Riza juga menyampaikan dengan mengadaptasi pengembangan usaha UMKM rendang, dia memproyeksikan adanya sebuah model baru pengembangan UMKM. Kota Payakumbuh punya banyak produk yang bisa dipasarkan ke luar negeri seperti olahan makanan ringan.

"Bisa pula kita membuat dapur masak keripik singkong sehingga bisa bersaing dengan pringles dan chitato. Produk keripik ini permintaan sangat banyak untuk dikirim ke Amerika dan Eropa. Kita berbicara ekspor yang banyaknya ukuran kontainer. Inilah tantangan UMKM go internasional, kita tinggal carikan alat produksi yang bagus," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top